Pengalaman Unik Pemilik Rivian R1T, Dipakai 15 Bulan Malah Dibeli Kembali oleh Produsennya

JAKARTA - Ada kejadian unik dialami salah seorang pemilik truk pikap listrik Rivian R1T, di mana sang pemilik telah menggunakan mobil ini selama 15 bulan dengan menempuh jarak sekitar 38.624 km. Namun produsen mobilnya malah bersedia membeli kembali dengan harga yang sama saat dijual. Kok bisa?

Pikap listrik ini diluncurkan menjelang akhir 2020 silam dengan varian termurah, Rivian R1T Explore dijual di harga 67.500 dolar AS saat itu.

Rivian R1T memiliki tenaga 754 dk dan torsi maksimal 1.200 Nm. Sementara jarak tempuh baterai 135 kWh yang digendong Rivian R1T mampu mencapai jarak 483 km.

Rivian R1T, diiklankan sebagai truk pikap listrik petualangan, ternyata dalam kesehariannya juga mampu menjadi kendaraan kerja yang andal. Hal ini dibuktikan oleh Mitch Dumke, seorang pemilik Rivian R1T yang menggunakan truk listrik ini untuk berbagai kegiatan, mulai dari menarik trailer, membawa peralatan, hingga menangani segala tantangan di peternakan miliknya.

Meskipun R1T terbukti sebagai truk kerja yang hebat, dilansir InsideEVs, 19 November, Mitch mengakui bahwa tidak semuanya berjalan mulus. Sebanyak empat kali, dia harus menarik truknya karena masalah pada sistem penggerak atau rem parkir yang membuat kendaraan tidak dapat dioperasikan.

Tetapi yang menarik adalah menurut Mitch, layanan pelanggan Rivian di AS amat bagus. Setiap kali truk mengalami masalah, Rivian dengan cepat menyediakan truk derek, menawarkan kredit untuk perjalanan pulang dengan Uber atau Lyft, dan memberikan mobil sewaan kepada pemilik truk.

Namun setelah beberapa kali mengalami kerusakan, dari penutup bak yang rusak dalam beberapa bulan pertama dan penutup kap mesin yang tidak mau tertutup setelah tombol ditekan, Mitch memutuskan untuk berbicara dengan Rivian.

Pada akhirnya Mitch menjual kembali R1T dengan harga penuh kepada Rivian. Keputusan ini diambil karena masalah yang dialaminya tidak terselesaikan selama kunjungan layanan.

Meskipun mengalami beberapa masalah, Mitch tetap merekomendasikan Rivian R1T. Menurutnya, kasus yang dialaminya mungkin merupakan kejadian hanya pada satu unit yang ia beli, dan dia yakin bahwa Rivian telah belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut.