Bagikan:

YOGYAKARTA – Sangat disarankan untuk mengetahui ciri-ciri mesin mobil bekas banjir sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan second. Pasalnya, mobil yang memiliki riwayat terendam air karena banjir biasanya akan memicu kerusakan tertentu pada mesin.

Selain itu mesin yang terendam banjir cukup sulit untuk diketahui jika Anda tidak memiliki pengetahuan terkait hal tersebut. Meski demikian ada beberapa ciri yang bisa diketahui oleh orang awam.

Ciri-ciri Mesin Mobil Bekas Banjir

Mesin bekas banjir akan berbeda dengan mesin normal yang tak punya riwayat terendam air. Lalu apa saja ciri yang bisa diketahui?

  1. Terdapat Karat di Mesin dan Komponen Besi

Beberapa komponen mesin mobil memang mudah berkarat. Namun lain cerita jika mobil pernah terendam banjir. Karat yang muncul di mesin bagian luar karena banjir jumlahnya lebih banyak. Bahkan karat itu tidak bisa dihilangkan 100 persen.

Pembeli kendaraan bisa melakukan pengecekan karat di mesin, baut, kap mesin, bumper, dan sebagainya. Jika karat muncul di mesin sangat banyak, Anda patut curiga bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir.

  1. Terdapat Endapan Lumpur di Mesin

Disarankan pula untuk mencari apakah ada lumpur kering yang menempel di mesin atau tidak. Lumpur yang terbawa banjir akan menempel di mesin hingga menyebabkan kondisi blok mesin jadi kotor. Lumpur ini cukup sulit untuk dibersihkan secara sempurna, biasanya lumpur bersembunyi di sela-sela sempit mesin atau bagian yang sulit dijangkau pada mobil.

  1. Socket Listrik Menguning

Anda juga disarankan untuk melakukan pengecekan soket listrik di mesin. Jika soket berubah warna karena karat, lumpur, atau jamur, patut dicurigai bahwa mobil bekas banjir. Soket listrik harusnya bersih dan tidak berkarat.

  1. Cek Oli dan Tutupnya

Anda disarankan untuk mengecek oli di dalam mesin mobil dan tutupnya. Jika oli bercampur dengan air atau terdapat bekas air di tutup oli, ada kecenderungan mobil pernah menerabas banjir. Ciri-ciri oli bercampur air biasanya berwarna cokelat keputihan seperti kopi susu. Selain itu tingkat keenceran juga berbeda.

  1. Dengarkan Suara Mesin Mobil

Suara mesin mobil sangat mencerminkan kesehatan kendaraan. Suara mobil yang kasar bisa jadi indikasi mesin bermasalah. Penyebabnya beragam, termasuk adanya karat di dalam mesin yang disebabkan karena air banjir.

  1. Sistem Mekanikal Tidak Bergerak Lancar

Sistem mekanikal juga menunjang pengoperasian dan kinerja mesin. Jika sebagian besar sistem mekanikal mobil tidak bisa berjalan mulus maka ada kemungkinan mobil terendam banjir. Hal itu bisa terjadi karena di sistem mekanikal mobil terdapat karat yang disebabkan oleh banjir.

  1. Kabel dan Sistem Kelistrikan Bermasalah

Kabel dan sistem kelistrikan juga sangat rawan masalah setelah terendam banjir. Masalah yang muncul misalnya terjadi korsleting listrik, atau pengait besi pada kabel terdapat karat, atau beberapa bagian mobil yang melibatkan kabel dan listrik mengalami masalah seperti lampu mobil redup dengan sendirinya.

  1. Muncul Getaran Mesin dan Asap Putih dari Kenalpot tanpa Sebab

Getaran mesin yang cukup kencang disertai keluarnya asap mobil dari kenalpot bisa jadi salah satu tanda terdapat air yang masuk ke ruang pembakaran. Kondisi itu biasa disebut dengan water hammer.

Saat air masuk di ruang pembakaran hingga bercampur dengan BBM, oli, dan udara, akan mengacaukan timing pengapian. Akibatnya terjadi ledakan pembakaran lebih cepat alias pre-ignition. Jika itu dibiarkan terjadi akan memicu kerusakan lain pada komponen mesin seperti stang piston bengkok hingga berlubang.

Itulah informasi terkait ciri-ciri mesin mobil bekas banjir. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.