Capai Penjualan Positif di Indonesia, Honda Tetap Gelar Program Antisipasi Meningkatnya Permintaan Jelang Akhir Tahun

JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis data penjualan selama periode Oktober 2023. Sejumlah pabrikan mengalami penurunan angka penjualan pada periode tersebut, namun itu tidak berlaku bagi Honda.

Dalam periode tersebut, pabrikan asal Jepang ini meraih angka penjualan grosir sebanyak 11.938 unit atau lebih tinggi 9,4 persen dari bulan September dan meningkat 19,8 persen dari pencapaian Oktober 2023.

Yusak Billy, selaku Sales & Marketing and Aftersales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan bahwa hasil tersebut didukung oleh penjualan dan dimulainya pengiriman beberapa produk baru, seperti All New Honda CR-V, yang telah diluncurkan sejak Agustus lalu.

“Peningkatan penjualan wholesale Honda terutama disumbangkan oleh pengiriman yang mulai dilakukan untuk produk-produk baru seperti All New Honda CR-V,” kata Billy saat dihubungi VOI, Jumat, 17 November.

Meskipun mencatat hasil yang positif, ia mengatakan bahwa pihaknya akan tetap terus berupaya melayani konsumen dengan menghadirkan beberapa produk terbaru serta program penjualan pada akhir tahun demi mempertahankan posisi tersebut.

“Selain itu, kami juga terus berupaya mempertahankan permintaan dari konsumen dengan melakukan berbagai penyegaran produk, aktivitas promosi dan program penjualan di tahun ini,” ucap Billy.

Dengan demikian, pihaknya percaya diri bahwa penjualan kendaraan Honda akan meningkat dalam dua bulan ke depan, mengingat bahwa jumlah permintaan melonjak pada akhir tahun.

“Biasanya tren pesanan atau Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) meningkat di akhir tahun ini ya,” pungkas Billy.

Sementara itu, pabrikan berlogo ‘H’ tersebut juga meraih hasil yang baik selama sepuluh bulan terakhir dalam penjualan ritel dengan meraih 106.637 unit atau mengalami peningkatan sebesar 7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari total penjualan tersebut, Honda Brio dan HR-V memegang peran kunci dengan masing-masing menyumbang 44 persen dan 20 persen dari total penjualan dalam sepuluh bulan terakhir. Sementara itu, model seperti WR-V juga memberikan kontribusi sebesar 14 persen hingga saat ini.