TikTok Hapus Konten yang Mempromosikan Surat Osama bin Laden

 JAKARTA – Konten manifesto Osama bin Laden banyak bermunculan di TikTok dalam beberapa hari terakhir. Saat video ini menjadi perdebatan publik, TikTok langsung bertindak secara tegas.

Osama bin Laden merupakan pemimpin kelompok Al-Qaeda yang diduga terlibat dalam peristiwa 9/11, serangan teroris terbesar di Amerika Serikat pada tahun 2001 lalu dan hampir menewaskan 3.000 nyawa.

Pada tahun 2002, manifesto berjudul Surat untuk Amerika diterbitkan oleh Osama bin Laden untuk mengkritik pemerintah Amerika di Timur Tengah dan dukungannya kepada Israel. Isi surat inilah yang banyak bertebaran di TikTok.

Salah satu video yang dilaporkan oleh The Verge memiliki teks bertuliskan, “Mencoba kembali ke kehidupan normal setelah membawa Surat untuk Amerika karya Osama bin Laden dan menyadari semua yang kami pelajari tentang Timur Tengah, 9/11, dan terorisme adalah kebohongan.”

Tak hanya itu, sejumlah pengguna TikTok menggunakan isi surat itu untuk mengkritik respons pemerintah terkait perang Israel dan Hamas. Apa pun tujuan dari penyebaran surat ini, TikTok sangat tidak menyukainya.

Melalui pernyataannya di X pada 17 November, TikTok menyatakan bahwa konten tentang surat Osama itu telah melanggar aturan mereka dan mereka tidak mendukung segala bentuk terorisme.

TikTok membela diri dan mengatakan bahwa konten tersebut bukan tren karena jumlah videonya yang sedikit. Namun, mereka menegaskan bahwa, “Kami secara proaktif dan agresif menghapus konten ini dan menyelidiki bagaimana konten tersebut bisa masuk ke platform kami.”

Sebelum TikTok menghapuskan konten-konten tersebut, CNN melaporkan bahwa topik terkait surat Osama telah ditonton setidaknya 14 juta kali pada Kami, 16 November. Sekarang, ketika pengguna mencoba menjadi Surat untuk Amerika, hasil pencariannya sudah kosong.