Nissan Hyper Force, Monster Jalanan Bertenaga 1.300 Daya Kuda

JAKARTA - Dalam perhelatan Japan Mobility Show (JMS) 2023, Nissan memamerkan beragam model konsep 'Hyper' selama acara berlangsung selama 12 hari. Pabrikan tersebut mengejutkan para pengunjung dengan kehadiran salah satu model konsep paling unggul.

Nissan memperkenalkan 'Hyper Force', sebuah mobil konsep yang menonjol dari deretan lainnya dengan performa yang tinggi. Mobil ini secara khusus dirancang untuk para penggemar balap dan gamer yang mencari sensasi berbeda dalam dunia balap.

"Dengan memanfaatkan kekuatan inovasi, Nissan berusaha menciptakan masa depan di mana semua orang dapat menikmati pengalaman mobilitas yang menarik," kata Presiden dan CEO Nissan, Makoto Uchida, dalam pernyataan resmi perusahaan, Rabu, 25 Oktober.

Secara keseluruhan desainnya, Nissan menampilkan lampu dengan pola yang lebih agresif dan berbeda dari model lain, sementara bodinya menampilkan lekukan ramping yang menyatu dengan bentuk yang berani. Hal ini mencerminkan karakteristik mobil performa tinggi yang menjadi ciri khas pabrikan ini.

Divisi motorsport dan performa tinggi, NISMO, ikut terlibat dalam pengembangan mobil ini. Struktur aerodinamis dua tingkat di bawah kap depan memberikan downforce yang kuat dan memastikan performa pendinginan yang optimal.

Nissan memberikan dua mode berkendara pada model ini, yaitu mode 'R' untuk balap dan 'GT' untuk Grand Touring. Tampilan grafis di dalam mobil dapat berubah warna sesuai dengan mode berkendara yang dipilih.

Sebagai contoh, grafis kabin akan berpendar merah saat beralih ke mode 'R', menciptakan kokpit yang intuitif untuk meningkatkan fokus pengemudi. Di sisi lain, dalam mode 'GT', kabin akan diterangi dengan warna biru dan layar di sekitar roda kemudi akan menjauh dan menyatu, memberikan pengalaman yang lebih bersahaja di dalam kabin.

Mobil ini menampilkan performa yang memikat berkat powertrain listrik yang mampu menghasilkan hingga 1.000 kW (setara dengan 1.359 dk). Ini didukung oleh teknologi penggerak empat roda e-4ORCE yang dikembangkan oleh Nissan. Untuk mengurangi bobot kendaraan, pabrikan menggunakan baterai solid-state yang terkenal karena bobotnya yang ringan.

Sesuai dengan model 'Hyper' lainnya, mobil ini juga akan hadir dalam permainan daring Fortnite dengan nama 'Electrify the World', memberikan pengalaman berkendara virtual kepada para pengguna permainan tersebut.