Seagate Luncurkan Hard Disk Exos Terbaru dengan Kapasitas 24TB

 

JAKARTA – Seagate Technology, perusahaan penyedia solusi penyimpanan data, meluncurkan hard disk Exos X24. Sesuai dengan namanya, hard disk ini diproduksi dengan kapasitas 24 TB.

Selain menghadirkan kapasitas 10 disk dengan masing-masing 2,4TB, Seagate juga menghadirkan layanan cloud konfigurasi Exos X24 Shingled Magnetic Recording (SMR) dengan kapasitas 28 TB.

Exos X24  berbasis Conventional Magnetic Recording (CMR) didesain untuk perusahaan pusat data hyperscale. Pasalnya, hard disk ini memiliki performa yang tangguh dan teknologi yang telah teruji.

Dalam rilisnya, Seagate menjelaskan bahwa Exos X24 dibuat dengan helium berkapasitas tinggi 3,5 inci nearline dan 7.200 RPM. Hard disk ini menawarkan interface Serial Advanced Technology Attachment (SATA) dan Serial Attached SCSI (SAS).

Peningkatan cache yang dihadirkan pada komponen perangkat keras ini telah ditingkatkan ke performa tertinggi, yaitu tiga kali lebih baik daripada cache baca atau tulis.

Exos X24 menghadirkan peningkatan Sustained Data Rate (SDR) hingga 285MB/detik. Perangkat ini juga telah teruji dengan nilai Mean Time Between Failures (MTBF) 2,5 juta jam.

Seagate menyatakan bahwa produk mereka telah dilengkapi dengan Seagate Secure untuk menjaga keamanan maksimal. Keamanan ini terdiri dari teknologi enkripsi mandiri (SED), SED-FIPS, dan penghapusan instan yang aman (ISE).

Saat ini, Exos X24 sudah diuji coba dan produknya mulai akan dipasarkan secara global pada Desember yang akan datang. Untuk Indonesia, Seagate Exos X24 akan tersedia pada pertengahan Desember dengan garansi lima tahun.