Pengadilan AS Desak SEC Tinjau Ulang Pengajuan ETF Bitcoin dari Grayscale

JAKARTA - Pengadilan Banding AS untuk Sirkuit DC memerintahkan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk meninjau ulang pengajuan proposal Exchange Traded Fund (ETF) Bitcoin spot yang diajukan oleh Grayscale.

Keputusan ini menuntut SEC untuk memeriksa kembali prospektus perusahaan, sehingga menempatkan SEC dalam posisi yang membutuhkan keputusan sulit: memberikan persetujuan pada proposal Grayscale atau memberikan alasan penolakan baru.

Grayscale meraih kemenangan di Pengadilan Banding AS untuk kawasan Circuit DC pada akhir Agustus dalam gugatan terkait konversi Bitcoin spot terhadap SEC. Grayscale menyebut keputusan tersebut sebagai "langkah monumental" dalam perjuangan mereka melawan regulator. Namun, tidak puas dengan hasil tersebut, Grayscale mengirimkan surat pada bulan September untuk mendorong SEC mempercepat proses persetujuan.

Meski SEC memiliki opsi untuk menentang putusan pengadilan, mereka tampaknya tidak melanjutkan perlawanan, sehingga membiarkan peluang tersebut terlewatkan. Menurut sumber internal, banding tidak akan diajukan.

Akan tetapi, Grayscale tetap gigih dengan pendekatan baru, mengajukan ulang S-3 ke SEC. Dengan petunjuk terbaru dari pengadilan, SEC harus kembali mengevaluasi kasus Grayscale dan memutuskan untuk menyetujui atau menolaknya dengan alasan baru.

Perlu dicatat bahwa urusan SEC tidak hanya melibatkan Grayscale. Mereka memiliki hampir selusin permintaan pendaftaran ETF Bitcoin lainnya yang harus dinilai. Ini termasuk permintaan dari perusahaan-perusahaan besar seperti Blackrock, Fidelity, Invesco, dan Franklin Templeton.

Pada  Senin, 23 Oktober, analis utama Bloomberg Intelligence, Eric Balchunas, mengungkapkan bahwa Depository Trust & Clearing Corporation (DTCC) telah membuat katalog untuk Ishares Bitcoin Trust dengan kode "IBTC."

Pasca-pengungkapan Grayscale dan penambahan IBTC oleh DTCC, harga Bitcoin mengalami kenaikan pada  Senin, mendekati angka  31.800 dolar AS (Rp504 jutaan). Selain itu, saham GBTC Grayscale mengalami peningkatan terkait dengan penurunan diskon terhadap nilai aset bersihnya (NAV).

Berbeda dengan diskon besar sebesar 48% sepuluh bulan sebelumnya, diskon tersebut berkurang menjadi hanya 11,03% pada 20 Oktober 2023, menurut data dari ycharts.com.