Harley Davidson Recall 1.139 Unit X350 RA di Amerika Serikat karena Masalah Sensor Bahan Bakar

JAKARTA- Harley Davidson melakukan penarikan sepeda motor (recall) untuk model X350 RA, sebanyak 1.139 unit yang merupakan bagian dari Harley-Davidson Riding Academy di Amerika Serikat. 

Dikutip dari laman Rideapart, Kamis, 19 Oktober, masalah yang terjadi berkaitan dengan kerusakan paking di sekitar sensor bahan bakar, yang dapat menyebabkan kebakaran. 

Dari penelusuran yang dilakukan, terdapat noda yang terlihat seperti tumpukan kotoran pada bagian luar tangki, dan menandakan adanya kebocoran. 

Berdasarkan keterangan pabrikan, penarikan ini hanya berlaku pada  Harley-Davidson X350 RA 2023 tertentu, yang dikirimkan pada atau sebelum tanggal 30 Agustus 2023. Sementara itu setelah tanggal di atas sudah menggunakan paking baru dan aman digunakan. 

Namun demikian, bagi para pengguna X350 RA tak perlu khawatir, sebab pabrikan ternama ini telah menyebarkan selembar informasi ke seluruh diler resmi di Amerika Serikat, dan China yang memang juga hadir model tersebut dengan nama X350 terkait masalah tersebut. 

Surat pemberitahuan ke diler dikeluarkan antara tanggal 10 dan 13 Oktober 2023, dan surat pemberitahuan ke pemilik dijadwalkan keluar antara tanggal 16 dan 20 Oktober 2023.

Sementara itu khusus untuk pasar China penarikan tersebut hanya berlaku untuk jaringan dealer MoCo, guna mengganti paking yang terindikasi dapat bocor.