Sejumlah Perusahaan Jepang Akan Menerbitkan Mata Uang Digital untuk Sertifikat Energi Bersih

JAKARTA - Sebuah kelompok perusahaan Jepang akan menerbitkan mata uang digital pada Juli 2024 untuk transaksi dan penyelesaian sertifikat energi bersih. Hal ini diungkapkan oleh  bursa kripto DeCurret pada Kamis, 12 Oktober.

GMO Aozora Net Bank akan menerbitkan mata uang digital berbasis yen, yang disebut "DCJPY", yang akan beroperasi di jaringan yang diluncurkan oleh DeCurret.

Mulai Juli mendatang, DCJPY dimaksudkan untuk digunakan oleh perusahaan telekomunikasi Internet Initiative Japan (IIJ) untuk penyelesaian sertifikat energi bersih, yang memberikan "nilai lingkungan" kepada energi yang diperoleh dari sumber non-fosil.

Perusahaan-perusahaan ini berencana membuatnya dapat diperdagangkan dengan menggunakan teknologi blockchain.

Token DCJPY akan didukung oleh deposito bank dan dimaksudkan untuk terhubung dengan rekening bank untuk memungkinkan penyelesaian transaksi yang lancar.

DeCurret mengatakan hal ini meningkatkan keamanan dengan menggunakan praktik "kenali pelanggan Anda" (KYC) dan anti pencucian uang (AML) yang ada di bank bersama buku besar blockchain yang dapat dilacak dan membedakannya dari stablecoin, mata uang kripto yang nilai-nilainya biasanya dipasangkan dengan mata uang fiat.

DCJPY juga diharapkan dapat mengurangi biaya penyelesaian pembayaran secara drastis dibandingkan dengan sistem langsung dan transfer yang ada.

"Jika entitas bisnis tanpa tunai juga dapat menjadi benar-benar digital dengan menggunakan jaringan DCJPY, akan ada penghematan biaya besar bagi semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam penyelesaian pembayaran," kata CEO DeCurret Satoshi Murabayashi dalam DCJPY White Paper, dikutip dari Reuters.

Peluncuran ini akan menyelaraskan Jepang dengan negara lain yang telah melihat peningkatan jumlah mata uang digital yang didukung oleh deposito bank dan teknologi blockchain.

White Paper DCJPY, yang dirilis pada Kamis, mengatakan bahwa DCJPY "memiliki potensi tinggi untuk hidup berdampingan" dengan mata uang digital yang direncanakan oleh bank sentral.

DeCurret telah memimpin peluncuran mata uang digital ini dengan mengupayakan diskusi di konsorsium perusahaan Jepang yang ingin memanfaatkan teknologi ini.

Konsorsium ini, yang mencakup mega bank Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, Mizuho Financial Group Inc, dan Sumitomo Mitsui Financial Group Inc, telah berkumpul secara berkala untuk mempelajari cara membangun infrastruktur penyelesaian bersama untuk pembayaran digital.