Bagikan:

JAKARTA - Stablecoin, aset kripto yang nilainya dipatokkan dengan mata uang fiat seperti dolar Amerika Serikat (USD) atau yen Jepang (JPY). Melihat potensi ini, raksasa finansial Jepang, Nomura, bermitra dengan perusahaan infrastruktur internet GMO Internet untuk terjun ke pasar stablecoin.

Kerja sama ini tak hanya melibatkan Nomura, tetapi juga anak usaha mereka yang berfokus pada aset digital, Laser Digital. Kehadiran Laser Digital melengkapi trio ini bersama GMO Internet, yang merupakan induk perusahaan penerbit stablecoin ternama, GMO-Z.

Rencana ambisius mereka tak berhenti pada penerbitan stablecoin saja. Ketiga entitas ini berencana menawarkan solusi "Stablecoin-as-a-Service" (SaaS) kepada para pelaku bisnis di Jepang. Solusi ini diharapkan dapat memudahkan perusahaan yang berminat menerbitkan stablecoin mereka sendiri.

Presiden dan CEO Nomura Holdings, Kentaro Okuda, antusias menyambut peluang yang ditawarkan stablecoin. "Stablecoin niscaya akan memainkan peran penting dalam pasar finansial," ujar Okuda, dikutip dari Cointelegraph. 

"Nomura dan anak usaha aset digital kami, Laser Digital, sangat senang dapat bermitra dengan GMO untuk menjajaki mekanisme penerbitan, penebusan, dan sirkulasi stablecoin JPY/USD di Jepang. Proyek ini berpotensi besar meningkatkan aksesibilitas aset digital dan mendorong inovasi keuangan di Jepang."

BACA JUGA:


Lebih dari Sekadar Penerbitan Stablecoin

Kolaborasi Nomura, Laser Digital, dan GMO Internet tak hanya berfokus pada penerbitan stablecoin JPY dan USD. Mereka juga menawarkan solusi SaaS yang dapat dimanfaatkan para pelaku bisnis yang berminat menerbitkan stablecoin sendiri.

Solusi ini mencakup berbagai aspek penting, seperti:

  • Manajemen Kepatuhan Regulasi: Meringankan beban perusahaan dalam memastikan kepatuhan terhadap regulasi terkait stablecoin di Jepang.
  • Manajemen Transaksi Backend: Menangani proses transaksi di balik layar secara efisien dan aman.
  • Integrasi Teknologi Blockchain: Memfasilitasi integrasi teknologi blockchain yang tepat untuk mendukung stablecoin yang akan diterbitkan.

GMO Internet, sebagai mitra Nomura dan Laser Digital, memiliki pengalaman yang tak perlu diragukan lagi dalam hal stablecoin. Anak perusahaan mereka, GMO-Z, merupakan penerbit stablecoin ZUSD (dipatokkan dengan USD) dan GYEN (dipatokkan dengan JPY). Kedua stablecoin tersebut saat ini tersedia di jaringan blockchain Solana, Ethereum, dan Stellar.