Ketika Porsche Macan Bertransformasi Jadi Speed Boat Listrik Mewah

JAKARTA- Siapa yang tak tahu Porsche, produsen yang terkenal dengan mobil sport mewahnya ini bersama Frauscher Shipyard telah menghadirkan model produksi pertama dari Frauscher x Porsche 850 Fantom Air. 

850 Fantom Air adalah kapal speed boat sport listrik yang dikembangkan bersama dengan teknologi penggerak Porsche Macan listrik masa depan.

Detlev von Platen, Anggota Dewan Manajemen untuk Penjualan dan Pemasaran di Porsche AG, mengatakan perahu ini merupakan hasil kolaborasi hebat dengan standar inovasi yang tinggi.

"Speed boat ini merupakan hasil kolaborasi hebat antara dua perusahaan yang bersemangat dengan tradisi yang kuat dan standar inovasi yang tinggi," kata Detlev von Platen, dalam rilis resmi yang diterima VOI, Rabu, 11 Oktober.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa eFantom menawarkan performa luar biasa dan pengalaman mewah, seperti apa yang dijanjikan oleh Frauscher dan Porsche. Berikut spesifikasi lengkapnya:

Desain

Speed boat listrik mewah ini memiliki ukuran panjang 8,67 meter dan lebar 2,49 meter yang dapat menampung hingga sembilan penumpang. Hadir juga platform renang di bagian belakang mengarah ke area lounge yang luas dengan dua tempat berjemur yang nyaman. Selain itu disematkan juga sebuah lorong tengah menghubungkan bagian belakang kapal dengan kemudi yang berdiri sendiri dan kokpit.

Beberapa bahan yang dihadirkan, seperti kursi dilapisi dengan kulit buatan yang diklaim dapat bertahan lama, membuat pengguna akan nyaman.

Performa

Menariknya model satu ini menggunakan komponen Premium Platform Electric (PPE) yang menjadi dasar dari Macan baru. Termasuk motor listrik sinkron (PSM) yang tereksitasi secara permanen dan canggih, yang daya puncaknya untuk digunakan di eFantom telah dibatasi hingga 400 kW, dan elektronika daya yang terkait.

Motor listrik berada di bagian belakang kapal sementara kontrolnya ditempatkan di dalam kotak kedap air yang dihiasi logo Porsche. Baterai lithium-ion dengan kapasitas gross 100 kWh, yang juga diadopsi dari Macan, juga terletak di bawah area lounge di bagian belakang. Selain itu eFantom menawarkan pengaturan Docking, Range, Sport dan Sport Plus. Mode-mode tersebut mengubah kurva karakteristik respons throttle sekaligus menampilkan batas kecepatan yang berbeda.

Kapasitas pengisian daya

Kapasitas pengisian daya memungkinkan lebih dari 250 kW. Berkat teknologi 800 volt dari Porsche, kapal listrik ini dapat diisi dengan lebih dari 250 kW arus DC di stasiun pengisian cepat DC. Dalam kondisi ideal, baterai dapat diisi dari kondisi pengisian daya (SoC) 10 persen hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 30 menit.

Harga

Frauscher x Porsche 850 Fantom Air akan merayakan peluncuran perdana di dunia pada Januari 2024 di pameran dagang "boot" di Düsseldorf. Rencana awal adalah untuk edisi pertama eksklusif hanya sebanyak 25 unit, yang dapat dipesan dari Frauscher mulai dari 561.700 euro  atau kisaran Rp9,3 miliar dan akan dikirim ke pelanggan pertama mulai tahun 2024.