Penanganan Kram Kaki Saat Olahraga: Ini Beberapa Metode yang Diyakini Paling Ampuh!

YOGYAKARTA - Kram otot ataupun muscle cramp bisa berlangsung kapan saja, apalagi saat Kalian tengah berolahraga. Nah, apakah Kalian sudah tahu penanganan kram kaki saat olahraga?

Kram otot terjadi sebab otot tanpa sadar berkontraksi sendiri serta menimbulkan Kalian susah bergerak dan merasakan nyeri.

Perihal tersebut bisa dipicu sebab keletihan, tidak melangsungkan pemanasan dikala berolahraga, serta sebagainya. Lalu, gimana metode menanggulangi kram otot? Ayo simak di mari!

Pengertian Kram Otot

Kram otot merupakan keadaan kala otot seketika hadapi kontraksi yang tidak disengaja. Terkadang, kram yang dialami tidak cuma pada satu otot saja, namun dapat lebih.

Walaupun kerap dikira tidak beresiko, tetapi keadaan ini bisa membuat otot tidak berfungsi sementara waktu, dampaknya Kalian bakal susah menggerakkan otot yang terdampak.

Kerap kali kram otot berlangsung sebab seorang sangat lama olahraga ataupun melaksanakan gerakan yang tidak biasa, dapat pula sebab cedera.

Penanganan Kram Kaki Saat Olahraga

Kram otot ialah keadaan yang umum dirasakan oleh seorang, terlebih saat melangsungkan aktifitas fisik.

Walaupun tidak butuh dikhawatirkan secara berlebih, tetapi bakal lebih baik bila Kalian melaksanakan sebagian metode menanggulangi kram otot supaya tidak terus menjadi parah.

Jadi, gimana metode penindakan apabila terjadi luka kram otot? Ini ia langkah- langkah yang bisa Kalian lakukan.

Stretching

Metode menanggulangi kram otot yang butuh dicoba pertama kali yakni dengan menerapkan peregangan.

Dikala menerapkan peregangan, yakinkan bagian otot yang hadapi kram dalam kondisi lurus, tidak tertekuk.

Carilah posisi senyaman mungkin, sehabis itu cobalah menggosok- gosok bagian yang kram buat menolong otot bisa kembali rileks.

Memijat Area yang Kram

Sehabis menerapkan peregangan, maka metode menangani kram otot berikutnya yakni dengan memijat zona yang kram secara halus.

Memberikan pijatan pada bagian yang kram bakal menolong kurangi rasa nyeri yang lagi dialami.

Untuk membuatnya lebih aman, Kalian bisa memakai obat pendamping, semacam salep, balsem, ataupun minyak kayu putih.

Tetapi, yakinkan buat memijatnya dengan hati- hati serta tidak sembarangan. Bila butuh, mintalah pertolongan teman.

Melangsungkan Pemanasan serta Pendinginan

Buat menanggulangi kram otot, pemanasan serta pendinginan dicoba dengan berikan tekanan panas ataupun dingin pada otot yang alami kram.

Kalian bisa memberikan tekanan panas memakai botol yang telah diisi dengan air panas, serta kompres pada bagian otot yang kram.

Sebaliknya, Kalian bisa memakai balok es ataupun air dingin dalam botol buat memberikan tekanan dingin pada otot, dengan begitu rasa nyerinya bakal menurun.

Pastikan Tubuh Terhidrasi

Metode menanggulangi kram otot berikutnya yakni dengan memastikan badan tidak kehilangan cairan tubuh. Minumlah air putih buat rehidrasi badan serta membuat otot kembali berperan normal.

Air putih yang cukup bakal menolong membenahi sel- sel badan yang rusak. Tidak hanya itu, dengan memadai cairan badan, kekambuhan kram bisa dicegah.

Buat menghindari kram otot, dikala beraktifitas, jangan lupa senantiasa mengisi asupan cairan secara berkala setelah itu melanjutkan kegiatan kembali.

Mencukupi Kebutuhan Magnesium

Metode menanggulangi kram otot yang satu ini lebih pas selaku upaya penangkalan. Apabila Kalian kerap hadapi kram, cobalah buat komsumsi lebih banyak magnesium.

Kalian dapat memperoleh isi magnesium dari santapan semacam biji- bijian ataupun kacang, ataupun dapat pula dengan komsumsi suplemen ekstra.

Berhenti Sejenak dari Aktivitas

Dikala hadapi kram otot, upayakan buat menyudahi sejenak dari kegiatan yang Kalian jalani. Sebab, apabila dipaksakan risikonya dapat meningkat parah.

Sehabis menyudahi sejenak, Kalian bisa berupaya menerapkan gerakan- gerakan ringan, semacam berjalan perlahan.

Perihal ini bakal menolong meredakan kram kaki dengan mengirimkan sinyal rileks ke otot sehabis alami kontraksi.

Komsumsi Santapan Berprotein

Tidak hanya perbanyak mengkonsumsi magnesium, Kalian pula dianjurkan mengkonsumsi santapan yang kaya akan protein.

Perbanyak konsumsi protein jadi salah satu metode menanggulangi kram otot sebab protein bisa menolong proses perbaikan otot yang luka.

Sebagian sumber protein terbaik di antara lain ialah daging merah, ikan, serta kacang- kacangan. Namun, upayakan buat tidak komsumsi santapan tersebut secara berlebihan ya. 

Jadi setelah mengetahui penanganan kram kaki saat olahraga, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!