Uli Jon Roth Tidak Menutup Pintu untuk Reuni dengan Scorpions

JAKARTA - Dalam wawancara baru dengan Vintage Rock Pod, gitaris legendaris Jerman Uli Jon Roth berbicara tentang keputusannya untuk meninggalkan Scorpions empat setengah dekade lalu.

"Saya memberitahu keputusan saya (untuk meninggalkan Scorpions) setahun sebelum [album ganda live Tokyo Tapes dirilis], [pada] 1977. Dan alasannya bukan pribadi; itu murni artistik. Itu karena saya mulai menulis musik seperti Earthquake dan lagu-lagu lain, yang saya tahu tidak punya tempat apa pun di Scorpions," Uli membuka.

"Itu akan sangat tidak selaras dengan lagu-lagu lainnya. Jadi pada tahun 1977, saya menjalani sedikit kehidupan ganda. Saya menulis beberapa lagu untuk Scorpions seperti The Sails Of Charon dan Your Light, dan I've Got To Be Free dan beberapa lagu lainnya. Tapi saya juga sudah menulis musik ini untuk Electric Sun, yang sangat berbeda."

"Dan karena saya tidak terlalu berorientasi pada kesuksesan... Maksud saya, band ini, tentu saja, kami semua tahu bahwa kami semakin sukses setiap tahunnya. Kami sudah memiliki album emas pertama kami pada saat itu, dan hal itu hampir tidak bisa dihindari."

"Tapi, bagi saya, itu bukanlah hal yang membuat saya tertarik. Saya lebih tertarik untuk mengeksplorasi musik dengan cara yang lebih bebas dan di band seperti itu, saya rasa saya telah mengambil sejauh yang saya bisa pada titik itu.

"Dan jika saya tetap bertahan, untuk semua album lainnya, saya akan melanjutkan dengan nada yang sama seperti Tokyo Tapes. Tapi materi Electric Sun tidak akan pernah dibuat."

Ditanya apakah ada bagian dari dirinya yang menyesal meninggalkan Scorpions ketika dia melakukannya, ini kata Uli.

"Tidak. Saya akan menjadi gila jika saya tetap tinggal, karena saya memiliki begitu banyak hal lain untuk dikatakan, dan itu perlu dikatakan. Itu adalah keputusan yang mudah dan itu harus terjadi dan saya harus berhasil. Itu kemajuan alami."

Pria berusia 68 tahun itu melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia masih bersahabat dengan mantan rekan bandnya. “Kami sangat bersahabat,” katanya.

"Tidak ada yang berubah dalam hal itu, padahal kami adalah unit yang hebat ketika saya masih di band. Dan sampai hari ini, ada perasaan kekeluargaan setiap kali kami bertemu. Dan saya rasa itu tidak akan pernah berubah."

Ditanya apakah akan ada tur penuh bersamanya dan Scorpions lagi, Uli berkata: "Ini sudah sangat larut. Saya tidak tahu apa rencana mereka. Maksud saya, saya akan terbuka untuk apa pun, tapi saya akan mengatakan hal itu mungkin tidak mungkin terjadi pada saat ini."