Bima Sakti Pede Indonesia Lolos Babak Gugur Piala Dunia U-17 2023

JAKARTA – Pelatih tim nasional Indonesia U-17 Bima Sakti optimis skuad asuhannya bisa lolos dari babak penyisihan grup pada Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia.

Pasukan Garuda Muda terhindar dari grup neraka dalam undian yang digelar pada Jumat, 15 September malam WIB. Ekuador, Maroko, dan Panama, adalah tim-tim yang akan bersama Indonesia di Grup A.

"Kita optimistis bisa lolos ke babak selanjutnya. Selanjutnya [saat pemusatan latihan] di Jerman kami akan mencari lawan yang mirip dengan Panama, Ekuador, dan Maroko," ujar dia.

Bima mengakui tidak ada lawan yang mudah di Grup A. Meski demikian, dia percaya diri pasukannya memiliki peluang untuk membuat sejarah saat bermain di kandang sendiri.

"Tidak ada lawan yang lemah di grup ini, tetapi kita punya peluang. Para pemain menyadari ini persaingan level elite dengan lawan yang tidak mudah. Di Jerman nanti timnas akan menempa diri," kata dia.

Kepercayaan diri juga dimiliki kapten timnas Indonesia U-17 Iqbal Gwijangge. Dia mengatakan bahwa dukung suporter Indonesia akan memberi mereka motivasi ekstra.

"Semua negara di Grup A berat, tetapi sebagai tuan rumah dengan didukung suporter kami yakin bisa berbuat yang terbaik. Pemain semua juga yakin akan bisa mencetak sejarah," ucap Iqbal.

Nanti hanya ada dua tim terbaik dari masing-masing grup yang lolos otomatis ke babak gugur. Mereka akan didampingi oleh empat tim yang berpredikat runner up terbaik.

Piala Dunia U-17 akan berlangsung di Indonesia mulai dari 10 November hingga 2 Desember 2023. Total sebanyak 24 negara akan berpartisipasi dalam ajang ini.

Turnamen akbar kelompok usia U-17 itu digelar di Jakarta International Stadium (JIS) Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Jalak Harupat Bandung, dan Stadion Manahan Solo.