Bagikan:

JAKARTA - Indonesia U-17 bakal menjalani matchday ketiga Grup A Piala Dunia U-17 2023 menghadapi Maroko U-17. Hasil laga ini bakal menentukan tim mana yang lolos ke babak 16 besar.

Pertandingan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Kamis 16 November pukul 19.00 WIB. Menjelang laga ini, tim asuhan Bima Sakti punya modal yang tak terlalu mumpuni. 

Setelah menjalani dua laga sebelumnya, Indonesia U-17 baru mengantongi dua poin. Hasil itu didapat dari skor seri 1-1 saat bersua dengan Ekuador U-17 dan Panama U-17. 

Dua poin itu membuat Garuda Muda kini menempati urutan ketiga di klasemen. Jika dilihat dari bagaimana penampilan Indonesia di dua laga terakhir, Maruf El Rumi selaku pengamat sepak bola mengatakan bahwa Arkhan Kaka dkk. masih punya peluang mengunci tiket ke 16 besar Piala Dunia U-17 2023. 

Apalagi di laga terakhir melawan Panama U-17, Indonesia U-17 menunjukkan adanya potensi lewat kemampuan mereka mengimbangi lawan yang unggul lebih dulu pada menit 45+3.

Padahal, di atas kertas negara lawan lebih diunggulkan dengan pengalaman mereka yang telah tiga kali tampil di Piala Dunia U-17.

“Itu (hasil melawan Panama U-17) menjadi indikasi bahwa Indonesia U-17 punya potensi. Meski statistik pertandingan menghadapi Panama U-17 juga tidak mencolok, Garuda Muda bisa mengimbangi lawan yang lebih memiliki pengalaman di Piala Dunia U-17. Lawan sudah tampil tiga kali dan bisa mencapai 16 besar,” kata Maruf El Rumi saat dihubungi, Kamis 16 November. 

“Secara taktik, apa yang dilakukan coach Bima Sakti juga efektif ya. Walaupun sempat tertinggal, tim bisa menyamakan kedudukan sehingga skor akhir 1-1,” ungkapnya.

Dengan potensi yang dimiliki itu, Maruf El Rumi menyebut bahwa peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 masih ada. Namun, untuk persentasenya kembali lagi melihat hasil akhir yang didapat nanti. 

Menurutnya, Indonesia U-17 mesti menang melawan Maroko U-17 demi memastikan tiket ke babak lanjutan tanpa harus bergantung dengan hasil laga lain. 

"Seberapa besar (peluang lolos), sangat tergantung pada hasil pertandingan sendiri melawan Maroko U-17. Sebab, menang melawan Maroko U-17 di laga terakhir adalah kuncinya.”

“Jika Indonesia U-17 berhasil (menang) maka dipastikan sudah aman mengunci satu tiket ke babak 16 besar tanpa harus tergantung hasil pertandingan tim lawan,” katanya. 

“Jika menang melawan Maroko U-17, Indonesia U-17 bisa jadi juara grup atau paling buruk sebagai runner-up grup bersama Ekuador U-17. Satu tempat, hampir pasti menjadi milik Ekuador U-17,” tambah Maruf El Rumi menjelaskan.