CEO Binance Optimistis pada Masa Depan Uniswap, Ini Alasannya!

JAKARTA - CEO Binance, Changpeng Zhao telah mengungkapkan pandangan optimistisnya terkait keuangan terdesentralisasi atau biasa disebut DeFi (Decentralized Finance). Zhao mengutarakan hal tersebut tidak lama setelah pengadilan mengeluarkan putusan yang menguntungkan dalam gugatan Uniswap, bursa kripto terdesentralisasi (DEX).

Beberapa waktu lalu, Hakim Katherine Polk Failla dari Distrik Selatan New York menolak gugatan yang memberatkan Uniswap (UNI). Dalam hal ini, Uniswap dituntut untuk bertanggung jawab atas kerugian finansial investor yang diduga melakukan perdagangan dengan "token scam" di DEX Uniswap.

Dalam sesi tanya jawab di platform media sosial X, Changpeng Zhao, atau yang lebih dikenal sebagai CZ, menilai keputusan Hakim Failla merupakan berita positif untuk DeFi. Dia menyambut baik keputusan tersebut dan mengamati bahwa DeFi adalah bagian penting untuk sistem keuangan masa depan.

Menariknya, Uniswap, meskipun sebelumnya kalah dari Coinbase dalam hal volume perdagangan, kali ini Uniswap berhasil melampaui Coinbase pada kuartal pertama tahun 2023, sebagaimana dilaporkan Bitwise.

Bersamaan dengan itu, Zhao melihat pertumbuhan volume perdagangan Uniswap sebagai hal yang berdampak positif bagi ekosistem DeFi. Dia bahkan menyatakan keyakinannya mengenai tren kenaikan DeFi berikutnya, DeFi bisa menjadi lebih besar daripada keuangan terpusat (CeFi).

"Volume DeFi saat ini berkisar antara 5% hingga 10% dari volume CeFi, bukan angka yang kecil. Uniswap, selama dua kuartal terakhir, berhasil melampaui volume perdagangan Coinbase, sehingga pada tren kenaikan berikutnya, DeFi bisa menjadi lebih besar daripada CeFi. Saya melihat ini sebagai perkembangan yang sangat positif. Semakin terdesentralisasi industri ini, semakin baik," ungkap CZ.

Pandangan optimistis CZ terhadap DeFi mencerminkan dorongan besar terhadap ekosistem keuangan terdesentralisasi yang terus berkembang. Dengan inovasi terus muncul dan lebih banyak proyek DeFi yang menarik minat investor, masa depan DeFi tampak semakin cerah.