Dukung Kreator NFT, Adidas Luncurkan Program Residensi Seniman Digital
JAKARTA - Adidas /// Studio, yang juga dikenal sebagai Three Stripes Studio, telah mengumumkan peluncuran Residency by Adidas, sebuah program residensi seniman digital global. Program ini akan menyoroti seniman dari seluruh dunia dan akan dimulai pada bulan September selama Korea Blockchain Week di Seoul.
Dalam penjualan seni digital pertama mereka, akan ditampilkan karya dari seniman yang menggunakan nama samaran MonkeeMoto dan Adra Kandil, yang juga dikenal sebagai Dear Nostalgia. Penjualan ini akan mencakup pencetakan atau minting karya seni dalam bentuk NFT dengan edisi terbatas dan edisi terbuka.
MonkeeMoto, yang berbasis di Tokyo, terkenal dengan pengembangan game dan desain konsep digitalnya, sementara Adra Kandil, seorang seniman asal Lebanon, menciptakan karya seni yang menggabungkan fotografi, kolase, tipografi, dan montase digital. Sebelumnya, Kandil telah berkolaborasi dengan merek ternama seperti Gucci, Chanel, Cartier, dan Roberto Cavalli.
Tujuan dari Residency by Adidas adalah mendukung dan memajukan bakat kreatif di dunia digital. Program ini memberikan kesempatan kepada seniman-seniman ini untuk memamerkan karya mereka dan berkolaborasi dengan Adidas, tidak hanya secara digital, tetapi juga pada produk fisik.
Baca juga:
Menurut Stacey King, Kepala Komunikasi dan Aktivasi Global untuk Adidas /// Studio, proyek ini adalah langkah maju dalam eksplorasi Adidas dalam komunitas Web3. Tim Adidas sebelumnya telah merilis NFT dengan pakaian terhubung dan memperkenalkan karya seni NFT di berbagai acara di Berlin dan New York City.
Pada penjualan NFT edisi terbatas, akan ada hanya 100 karya per seniman dengan harga 0,15 ETH (sekitar 250 dolar AS atau Rp3,8 jutaan) per item. Karya ini hanya akan tersedia untuk peserta acara di Seoul dan akan disertai dengan hoodie fisik eksklusif.
Sementara itu, penjualan NFT edisi terbuka untuk setiap seniman akan dihargai 0,03 ETH (sekitar 50 dolar AS atau Rp761 ribuan) dan dapat dibeli oleh siapa saja selama periode waktu yang ditentukan. Kedua penjualan akan dimulai pada 6 September dan berlangsung hingga 11 September.
King juga mengungkapkan bahwa proyek-proyek NFT berbagai jenis, baik dalam bentuk digital, fisik, atau terhubung, akan terus berlanjut sejalan dengan inisiatif ALTS Ethereum NFT Adidas yang tengah berlangsung. Baru-baru ini, Adidas bekerja sama dengan BAPE untuk meluncurkan sneakers terhubung edisi terbatas yang dilengkapi dengan kembaran digital.