Cara Mengecas Laptop yang Benar, Aplikasikan Agar Kinerja Baterai Tetap Optimal

YOGYAKARTA – Salah satu kebiasaan yang dapat menurunkan kinerja dan umur baterai laptop adalah menghiraukan durasi pengisian daya hingga overcharging. Baterai laptop yang diisi daya secara terus menerus akan cepat rusak, terlebih jika umur baterai sudah tua. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mengetahui cara mengecas laptop yang benar.

Dalam panduan ini, kami akan membahas cara-cara efektif dalam mengecas laptop agar Anda dapat mengoptimalkan pengalaman penggunaan serta memperpanjang masa pakai baterai. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat merawat laptop dengan baik dan menghindari masalah yang bisa muncul akibat kesalahan dalam proses pengisian daya.

Cara Mengecas Laptop yang Benar

 Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengisi daya baterai laptop:

  1. Cabut charger saat daya baterai sudah mencapai 80-90 persen

Tak sedikit pengguna yang lupa mencabut charger laptop saat pengisian daya baterai sudah mencapai 80-90 persen, dan membiarkannya penuh hingga 100 persen. Kebiasaan ini dapat memperpendek umur baterai jika dilakukan terus-menerus.

Ketika baterai terisi penuh dan tidak dicabut, tegangan baterai akan lebih tinggi sehingga menyebabkan panas.

Nah, suhu yang terlalu panas akan membuat kualitas baterai menjadi menurun dan cepat rusak. Oleh sebab itu, segera cabut charger ketika pengisian daya sudah mencapai 80-90 persen.

  1. Perhatikan level durasi baterai

Untuk menjaga kinerja baterai laptop tetap optimal, Anda perlu memperhatikan level durasi baterai. Jangan menunggu daya baterai habis untuk mengecas laptop. Sebaliknya, terapkan aturan 40/80, yakni mulai mengecas laptop saat daya baterai sudah 40 persen, dan mencabut charger ketika baterai sudah terisi daya sebesar 80 persen.

Dengan aturan mengecas seperti ini baterai laptop akan tidak terlalu kosong atau penuh sehingga dapat memperpanjang masa daya tahan baterai dan laptop.

  1. Hubungan charger ke stopkontak terlebih dahulu

Sebagian pengguna mungkin mengabaikan urutan mengecas laptop yang benar. Salah satunyadalam pemasangan charger.

Tak jarang pengguna yang mengisi daya baterai dengan mencolokkan kabel charger ke laptop terlebih dahulu. Padahal, urutan ini dapat membuat kualitas baterai menurun karena akan terjadi lonjakan tegangan listrik.

Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk mengisi daya dengan urutan mengubungkan charger ke stopkontak terlebih dahulu. Hal ini berguna agar tegangan listrik dengan intensitas tinggi bisa diredam oleh charger.

  1. Perhatikan suhu ruangan untuk mengecas laptop

Suhu ruangan termasuk hal yang wajib diperhatikan ketika mengisi daya baterai laptop.  

Saat melakukan pengisian daya, laptop akan menghasilkan panas karena energi listrik. Jika laptop berada di tempat dengan suhu panas, hal ini akan membuat suhu lebih tinggi dan membuat baterai lebih cepat rusak.

Anda bisa menghindari suhu panas dengan meletakkan latop pada tempat yang tidak terlalu panas dan permukaan datar. Pastika juga ventilasi udara atau kipas laptop tidak tertutup.  

Demikian informasi tentang cara mengecas laptop yang benar. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.