Sedikitnya 17 Orang Dilaporkan Tewas dalam Insiden Runtuhnya Jembatan Kereta Api di India

JAKARTA - Sedikitnya 17 orang dilaporkan tewas dalam insiden runtuhnya jembatan kereta api yang sedang dibangun di timur laut India. 

Insiden itu terjadi di dekat Sairang, sekitar 20 km (12 mil) dari ibu kota negara bagian Mizoram, Aizawl, kata menteri utamanya. Terdapat 40 pekerja berada di lokasi ketika jembatan runtuh. 

Diduga kuat masih banyak orang yang hilang dalam insiden tragis ini. Dilansir dari BBC, Rabu, 23 Agustus, penyebab runtuhnya jembatan tersebut belum jelas.

Ketua menteri Mizoram Zoramthanga, yang menggunakan satu nama, mengatakan petugas darurat telah menemukan 17 mayat sejauh ini dengan banyak penduduk setempat membantu upaya penyelamatan.

"Semua bantuan yang mungkin diberikan kepada mereka yang terkena dampak," kata kantor Perdana Menteri Narendra Modi dalam sebuah pernyataan dilansir dari BBC. 

Pemerintah akan membayar sekitar 200.000 rupee (Rp37 Juta lebih) kepada keluarga terdekat dari mereka yang terbunuh. Otoritas kereta api yang dikelola negara telah membuka penyelidikan atas insiden tersebut.

Kecelakaan di lokasi konstruksi semacam ini tidak jarang terjadi di India. Pada Oktober tahun lalu, lebih dari 140 orang tewas di Gujarat ketika sebuah jembatan gantung pejalan kaki runtuh di negara bagian Gujarat, India barat.