Terjual Belasan Ribu Unit, Suzuki Buktikan Perawatan Mobil Hybrid Tidak Menyulitkan

JAKARTA - Sejak mengadopsi teknologi hybrid pada model-modelnya, Suzuki tidak pernah menerima keluhan atau masalah terkait dengan sistem terbaru ini.

Data menunjukkan bahwa 12.993 pemilik mobil Suzuki yang menggunakan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) telah membuktikan bahwa perawatan kendaraan berbasis teknologi ini berjalan tanpa kendala.

Saat ini, teknologi SHVS telah diterapkan pada beberapa model terbaru Suzuki. Teknologi ini hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan kendaraan ramah lingkungan.

Hariadi, Asst. to Dept. Head Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menyatakan bahwa mobil hybrid yang dihadirkan oleh perusahaan asal Jepang ini tidak hanya nyaman digunakan, tetapi perawatannya pun tidak membingungkan.

"Tidak hanya karena kemudahan penggunaan dan perawatan, biayanya juga terjangkau dan tidak berbeda dengan model sebelumnya," kata Hariadi dalam pernyataannya, Senin, 14 Agustus.

Di Indonesia, Suzuki menawarkan tiga model dengan teknologi SHVS, yakni All New Ertiga Hybrid, XL7 Hybrid, dan Grand Vitara.

Perusahaan ini menyebutkan bahwa total biaya perawatan rutin untuk model-model hybrid seperti XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid dalam lima tahun berada di kisaran Rp6 jutaan.

Hariadi menambahkan bahwa perusahaan berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik kepada konsumen setia. Lebih lagi, teknologi SHVS yang dikembangkan oleh Suzuki memberikan dampak positif pada lingkungan.

"Teknologi SHVS yang ada pada beberapa unit kami adalah bukti bahwa kami ingin selalu menghadirkan produk terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi polusi lingkungan," ujar Hariadi.

Suzuki XL7 Hybrid mengusung konsep tangguh dan modern. Dengan desain grill depan berukuran sedang dengan sentuhan aksen hitam, mobil ini tampil lebih segar.

XL7 Hybrid menggunakan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle) yang ramah lingkungan, meliputi dua komponen, yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai lithium-ion yang mendukung kinerja mesin 1.500 cc dengan kode K15B.

Mesin K15B 1.500 cc 4-silinder pada SUV ini menghasilkan daya hingga 103,2 dk dan torsi 138 Nm. Fitur engine auto start-stop turut dipasang untuk menghemat bahan bakar, sehingga emisi tidak terbuang sia-sia selama perjalanan.

Suzuki XL7 Hybrid, bersaing dengan Hyundai Creta, ditawarkan mulai dari Rp283 juta dan tersedia dalam tiga varian menarik, yaitu Alpha, Beta, dan Zeta.