Bagikan:

JAKARTA - Suzuki telah meluncurkan SUV terbaru mereka, XL7 Hybrid, di Indonesia pada bulan Juni yang lalu. Mobil ini telah mendapatkan respons positif dari masyarakat sejak pertama kali diperkenalkan. Tercatat, XL7 Hybrid telah terjual lebih dari 1.000 unit dalam beberapa pekan terakhir sejak peluncurannya.

"Sejak peluncurannya, kami melihat indikasi yang positif. Selama dua pekan, mulai dari 15 Juni hingga 30 Juni, kami telah mengirimkan lebih dari 1.000 unit, dan lebih dari 1.700 unit telah dikirimkan ke dealer," ungkap Harold Donnel Tampubolon, Kepala Pengembangan Merek & Riset Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), seperti dilansir dari ANTARA, Rabu, 5 Juli.

Harold juga menyatakan bahwa penjualan dan pengiriman dalam dua minggu pertama berjalan dengan baik meskipun persaingan di industri otomotif di Indonesia sangat ketat. Namun, target mereka adalah mencapai penjualan sebanyak 12.000 unit pada akhir tahun 2023.

"Seperti yang kami sampaikan pada peluncuran New XL7 Hybrid sebelumnya, kami memiliki target sekitar 12.000 unit hingga Desember 2023, atau sekitar 2.000 unit per bulan," tambahnya.

Dia juga menjelaskan bahwa dari 1.700 unit yang dikirimkan ke diler, varian Alpha dan Beta mendominasi dengan memberikan kontribusi sebanyak 80 persen. Hal ini karena beberapa faktor yang membuat varian tersebut diminati oleh banyak orang.

"Karena ini adalah SUV Medium yang sesuai dengan karakteristik masyarakat, memiliki ground clearance yang tinggi sekitar 200 milimeter, dan dapat menampung 7 penumpang. Itu menjadi alasan utama bagi masyarakat untuk membeli," jelas Harold.

Menurut Harold, dengan hadirnya sistem hybrid dalam SUV ini, kebutuhan mobilitas konsumen dapat terpenuhi. Terlebih lagi, minat masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan sangat tinggi.

"Mereka merasa memiliki citra yang lebih bergengsi dengan adanya emblem hybrid di bagian belakang mobil. Kami juga mendapatkan respons yang sangat positif terhadap penggunaan warna baru pada New XL7 Hybrid," tambah Harold.

Suzuki XL7 Hybrid dilengkapi dengan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle) yang ramah lingkungan, termasuk dua komponen utama, yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai lithium-ion yang membantu kinerja mesin 1.500 cc dengan kode K15B.

Mesin 4-silinder K15B 1.500 cc ini mampu menghasilkan daya hingga 103,2 dk dan torsi 138 Nm. Untuk menghemat bahan bakar, XL7 Hybrid dilengkapi fitur engine auto start-stop. Fitur ini berguna agar pengguna mobil tidak menghasilkan emisi secara sia-sia selama perjalanan.

XL7 Hybrid, yang menjadi pesaing Hyundai Creta, dijual mulai dari Rp283 juta. Mobil ini tersedia dalam tiga varian, yaitu Alpha, Beta, dan Zeta, dengan pilihan warna menarik.

Varian Alpha dilengkapi dengan warna New Savanna Ivory, Black, dan Snow White Pearl. Sedangkan varian Beta dan Zeta tersedia dalam warna Metallic Magma Grey, Pearl Brave Khaki, Snow White Pearl, dan Cool Black.