Threads Ternyata Tak Bisa Saingi Platform X, Ini Buktinya!

JAKARTA - Threads begitu heboh saat diluncurkan pertama kali pada Juli 2023. Media sosial baru milik Meta itu diklaim menjadi pesaing X, tapi ternyata jumlah pengguna aktifnya kian menurun.

Menurut analisis perusahaan analitik web, Similarweb, dikutip Selasa, 15 Agustus, jumlah pengguna aktif harian dan waktu yang dihabiskan di Threads anjlok hanya dalam satu bulan usai peluncuran.

Tercatat pada 7 Juli, pengguna harian Threads meningkat 49,3 juta, namun kemudian turun 79 persen menjadi 10,3 juta per 7 Agustus.

Di Amerika Serikat (AS), jumlah pengguna aktif harian mencapai 2,3 juta pada 7 Juli dan turun menjadi 576.000 per 7 Agustus.

Selain itu, data juga menunjukkan pengguna tidak banyak menghabiskan waktu di Threads. Similarweb menyatakan, jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna aktif harian dengan aplikasi dimulai sekitar 14 menit, di seluruh dunia.

Teapi secara signifikan lebih tinggi di AS yang hampir 21 menit pada 7 Juli. Sementara pada 7 Agustus, turun menjadi 3 menit saja.

Perusahaan juga membandingkan data dari X (sebelumnya Twitter) yang memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif harian di Android, dan mereka secara konsisten menghabiskan sekitar 25 menit per hari di situs microblogging milik Elon Musk itu.

Threads diklaim menjadi aplikasi pengungsian sementara pengguna X yang mengkritik segala tindakan Musk. Meski demikian, Threads dianggap kurangnya konten yang menarik, membuat mereka kembali ke platform X.

Sebagai informasi, Threads tidak jauh berbeda dengan X yang membawa pengalaman microblogging untuk penggunanya.

Di aplikasi ini, pengguna bisa me-retweet unggahan teks orang lain dengan mengklik Repost dan membuat utasan tweet dengan opsi yang tersedia.

Hadir juga penghitung yang menunjukkan jumlah suka dan balasan yang telah diterima sebuah postingan. Kemampuan untuk membagikan postingan langsung ke Instagram Stories juga ditawarkan Threads.

Akun Instagram yang terverifikasi juga otomatis terverifikasi di Threads dan dapat diatur sebagai publik atau pribadi.

Di aplikasi baru itu, pengguna dapat mengunggah video hingga lima menit dan bisa dibagikan sebagai tautan di platform lain.

Pengguna pun dapat berhenti mengikuti, memblokir, membatasi, dan melaporkan orang lain serta memfilter balasan dengan kata-kata tertentu di dalamnya. Threads saat ini dapat diunduh di Google Play Store dan App Store.