Steve Lacy: Banyak Anak Tak Tahu Etika Konser

JAKARTA - Steve Lacy mengingat kembali keputusannya untuk menghancurkan kamera penggemar di atas panggung. Dia menegaskan kembali dirinya menolak untuk meminta maaf kepada mereka yang memiliki etika konser buruk.

Insiden tersebut terjadi dalam satu konsernya di New Orleans Oktober lalu, ketika seorang penonton melemparkan kamera sekali pakai ke arahnya.

Setelah kamera tersebut mendarat di atas panggung di sebelahnya, penyanyi-penulis lagu asal Amerika itu menghancurkannya dan menolak untuk meminta maaf karena melakukan hal itu.

Sekarang, menjelang satu tahun sejak insiden tersebut, Lacy mengingat momen itu dalam sebuah wawancara, dan menegaskan bahwa dia menolak untuk meminta maaf kepada penonton konser yang punya etika buruk.

“Saya harus menerima bahwa begitulah anak-anak ini,” katanya kepada Variety, membahas insiden tersebut untuk pertama kalinya sejak dia merilis pernyataan awal tentang hal itu.

“Awalnya saya kesal - mereka terlalu banyak maunya. 'Bisakah kamu melakukan ini?', 'Bisakah kamu melakukan itu?', 'Saya akan melemparkan ini untukmu', 'Saya mencintaimu'… Tapi saya tidak melihat mereka melakukan kesalahan seperti itu lagi,” dia menambahkan.

“Meskipun terkadang hal itu mengganggu saya, mereka masih muda. Banyak dari anak-anak ini — ini adalah konser pertama mereka, jadi mereka bahkan tidak tahu apa itu etika konser.”

Insiden itu hanyalah salah satu contoh dari tren yang mengkhawatirkan, di mana konser terganggu oleh penonton yang melemparkan benda ke arah para artis.

Baru-baru ini, sejumlah artis dilempari banyak benda saat mereka tampil di pangung, termasuk Bebe Rexha, yang kepalanya kena telepon penggemar dan membutuhkan jahitan.

Sementara itu, P!nk dibuat terpana oleh seorang penggemar yang melemparkan abu ibunya ke atas panggung di BST Hyde Park, dan Lil Nas X harus menghentikan pertunjukan ketika seorang penggemar melempar mainan seks ke atas panggung.

Di tempat lain, artis country-pop AS Kelsea Ballerini kena hantam di bagian wajah oleh benda yang dilemparkan ke arahnya dari kerumunan.

Kejadian serupa terjadi pada Harry Styles, yang kena lemparan benda pada wajahnya saat konsernya di Wina. Artis lain yang terpengaruh antara lain Ava Max, Taylor Swift, Lil Uzi Vert, dan Drake.