Mobil Listrik Makin Disukai di Dunia, Mana yang Paling Diminati antara Tesla, BYD, dan Volkswagen?

JAKARTA - Semua pabrikan mobil telah menyampaikan laporan penjualan masing-masing perusahaan pada kuartal kedua tahun 2023. Dari sejumlah laporan ini, tercatat peningkatan signifikan dalam penjualan mobil listrik bertenaga baterai (Battery-Electric Vehicle/BEV) di seluruh dunia.

Tesla, BYD, dan Volkswagen Group adalah tiga pemimpin pasar kendaraan listrik di dunia saat ini. Lalu siapakah yang unggul dari segi penjualan?

Ketiga produsen ini mencatatkan hasil penjualan yang positif dibandingkan tahun sebelumnya, namun ternyata urutan posisi tetap sama seperti pada kuartal pertama. Tesla tetap menjadi pemimpin pasar dengan penjualan sebanyak 466.140 unit atau mengalami pertumbuhan yang tinggi sebesar 83 persen dari periode yang sama tahun lalu.

BYD berada di posisi kedua dengan penjualan sebanyak 352.163 unit, namun tingkat pertumbuhannya lebih cepat dari Tesla (naik 95 persen dari tahun lalu). Jarak relatif antara keduanya tampaknya semakin berkurang, karena BYD mencapai sekitar 76 persen dari volume penjualan Tesla, dibandingkan dengan 71 persen tahun lalu.

Sementara, Volkswagen Group berada pada posisi ketiga dengan penjualan sebanyak 180.239 unit dan pertumbuhan 53 persen dari periode yang sama tahun lalu. Meskipun hasilnya positif bagi produsen Jerman ini, angka-angka tersebut menunjukkan bahwa mereka tidak mampu berkembang secepat Tesla dan BYD. Sehingga, jarak relatif antara Volkswagen Group dan kedua pesaingnya semakin membesar.

Dikutip dari InsideEVs, 31 Juli, selama paruh pertama tahun ini, Tesla hampir mencapai penjualan 900.000 unit, sementara BYD melebihi 600.000 unit. Volkswagen sekitar setengah dari volume BYD saat ini dengan lebih dari 300.000 unit yang terjual.

Dengan tingkat pertumbuhan yang sangat kuat, BYD diprediksi tak lama lagi dapat melampaui Tesla namun bukan pada tahun 2023 ini.