Karya dari 12 Desainer Indonesia Mendunia di Moscow Fest Edition
JAKARTA - Karya dari 12 jenama lokal Indonesia memukau dunia melalui gelaran bertaraf internasional Moscow Fest Edition - Russian Creative Week 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Moskow dan Russian Industry Creative Agency (AKI).
Total 12 jenama dari sejumlah asosiasi, yaitu Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Indonesia Fashion Week (IFW), maupun Asosiasi Pemasok Garmen dan Aksesoris Indonesia (APGAI) terlibat di gelaran ini, antara lain Poppy Dharsono, Naniek Rachmat, Musa Widyatmodjo, Koyko, PT Trisco, serta merek-merek dalam naungan APGAI yakni Lyne Halim, Batik First, Personal Style, M2, Johnwin, Rodeo, dan Felix B.
Ketua APPMI Poppy Dharsono menyebut Indonesia mendapat kehormatan diundang secara khusus oleh pihak penyelenggara Moscow Fest Edition - Russian Creative Week 2023 yang berlangsung di Kota Moskow, Rusia.
"Indonesia menjadi salah satu negara yang diundang khusus oleh pihak Moskow untuk berpartisipasi dalam program festival fashion ini," ucap Poppy dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Sabtu 22 Juli.
Koleksi busana bernuansa modern-etnik hingga aksesori karya berbagai UMKM dari Garut, Jawa Tengah, Gorontalo, Lombok, dan Sumatera jadi daya tarik utamanya. Diharapkan, mata dunia semakin terbuka bahwa produk fesyen Indonesia berbasis budaya tak kalah menawan bila disandingkan dengan jenama besar dunia.
"Kami konsisten mempromosikan heritage Indonesia ke mata dunia. Presentasi saya sendiri terbagi dalam 2 sesi presentasi, saya sendiri menampilkan karya fesyen menggunakan balutan kain Nusantara mulai batik, tenun, sulam, hingga material kulit," ujar Poppy
Negara lain yang ikut serta dalam acara ini adalah Thailand, Kazakhstan, Korea Selatan, Srilanka, dan banyak lagi.
Baca juga:
Selain presentasi dan demonstrasi busana serta mengisi panel diskusi, para delegasi Indonesia juga melakukan banyak pertemuan dengan pelaku industri fesyen dan pendukungnya, buyers, serta dengan pemerintah kota Moscow juga Rusia.
Tujuannya, kata Poppy, untuk membuka serta mencari peluang usaha antara negara Rusia dan Indonesia di bidang industri kreatif khususnya fesyen.
Moscow Fest Edition - Russian Creative Week 2023 bertujuan untuk meningkatkan permintaan produk dan layanan industri kreatif dan melibatkan warga di berbagai bidang kreatif, yang akan mempertemukan semua industri kreatif di Moskow dengan audiens 2,8 juta orang.
Acara berskala besar di Moskow ini tersebar di 60 tempat festival dengan kategori industri kreatif seperti fashion, design, publishing, video games, performance, art, music, filmmaking, dan animation. Selanjutnya, sebagai bentuk keberlangsungan kampanye, di bulan November rencananya para delegasi dari Indonesia juga akan berpartisipasi dalam ajang Moscow Fashion Week.