Tidak Pakai Apple CarPlay, Tesla Malah Hadirkan Konektivitas AirPlay

JAKARTA - Pabrikan mobil selalu berusaha menghadirkan model dengan fitur terbaik, salah satunya adalah sistem konektivitas. Meskipun tidak sevital fitur keselamatan, fitur konektivitas menjadi penting agar pengguna mobil tetap terhibur saat berada di dalam kendaraan.

Salah satu sistem konektivitas yang kompatibel dengan banyak mobil saat ini adalah Apple CarPlay. Namun, tidak semua merek mobil mengadopsi teknologi ini, termasuk Tesla. Perseteruan antara CEO Tesla, Elon Musk, dan CEO Apple, Tim Cook, menjadi alasan Tesla tidak menggunakan Apple CarPlay untuk model-produknya. Meskipun begitu, Tesla nampaknya mulai membuka diri dengan menghadirkan fitur konektivitas lainnya dari Apple, yaitu Apple AirPlay.

Laporan dari CarBuzz pada Minggu, 16 Juli, mengungkapkan bahwa Tesla telah menyediakan fitur konektivitas Apple AirPlay melalui sistem update terbaru, Tesla App 4.23. Postingan di akun Twitter investor Tesla, Sawyer Merritt, juga memperkuat informasi ini dengan berbagi tautan yang menggambarkan ketersediaan Apple AirPlay.

Meskipun belum ada pengumuman resmi, Musk sebelumnya menyatakan bahwa Tesla akan membahas integrasi sistem AirPlay dengan para insinyur audio perusahaan. Fitur ini diperkirakan akan tersedia pada beberapa mobil terbaru Tesla, termasuk Model S, Model 3, Model X, dan Model Y. Apple AirPlay akan memungkinkan pengguna untuk menikmati kualitas streaming audio dan video yang baik, termasuk musik dan podcast.

Untuk mengatur pengaturan AirPlay, pengguna harus menggunakan perangkat Apple dengan aplikasi AirPlay. Fungsi pencerminan layar melalui fitur "Share" di AirPlay juga diharapkan menjadi bagian dari pembaruan tersebut.

Selain Tesla, dua pabrikan lainnya, yaitu Rivian dan General Motors (GM), juga memutuskan untuk tidak menggunakan sistem konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Kedua merek ini memilih untuk mengandalkan solusi perangkat lunak internal mereka sendiri sebagai alternatif.