VW Menurunkan Setengah Harga ID.3 untuk Bersaing di Pasar Otomotif China

JAKARTA - Dengan banyaknya produsen lokal, kendaraan listrik canggih dengan harga “miring” bukanlah sesuatu yang janggal dalam pasar otomotif China. Tak heran jika produsen global harus menghadapi tantangan besar untuk bersaing dengan produsen lokal.

Volkswagen (VW) China baru-baru ini memberikan kejutan dengan menurunkan harga hatchback listriknya, ID.3, setengah dari harga normalnya.

Dilansir dari Electrek, Jumat, 7 Juli, VW ID.3 kini dijual dengan harga 125.900 yuan di China, sekitar Rp264,3 jutaan. Penurunan harga ini dilakukan sebagai respons terhadap meningkatnya persaingan di pasar otomotif China.

Dalam beberapa tahun terakhir, VW mengalami penurunan penjualan kendaraan listriknya, menyadari bahwa pasar ini didominasi oleh produsen lokal seperti BYD dan pionir kendaraan listrik asal Amerika Serikat, Tesla. VW hanya memiliki pangsa pasar sebesar 3 persen, sementara Tesla dan BYD masing-masing memiliki pangsa pasar 9 persen dan 24 persen di segmen ini.

Meskipun ID.3 memiliki harga lebih murah daripada Tesla Model 3, namun harganya masih sedikit lebih tinggi dibandingkan BYD Dolphin yang sangat populer di China. Meski begitu, VW ID.3 memiliki spesifikasi yang lebih unggul.

VW ID.3 diproduksi di pabrik milik SAIC-Volkswagen di Shanghai, China. Hatchback ini dilengkapi dengan baterai 57,3 kWh yang mampu mencapai jarak tempuh hingga 347 km menurut perhitungan WLTP. Sedangkan BYD Dolphin memiliki jarak tempuh 337 km.

Namun berbeda dengan pasar China yang menurun, VW berhasil meraih kesuksesan yang memuaskan di Eropa setelah mengatasi sebagian besar masalah rantai pasokan. Penjualan ID.3 dan ID.4 meningkat drastis.

Permintaan yang tinggi juga terjadi untuk ID. Buzz, dengan waktu tunggu mencapai 12-18 bulan. VW ID. Buzz akan diluncurkan di Amerika Serikat tahun depan dengan versi long wheelbase.

VW ID.3 adalah mobil listrik pertama dari VW yang membuka jalan bagi keluarga "ID." yang mencakup beberapa model seperti ID.4, ID.5, ID.6 (hanya tersedia di China), ID.7, dan van listrik ID.Buzz.