Maully Gagola Hanyut dalam Memori Masa Lalu Legend Bee

JAKARTA - Gitaris Maully Gagola merilis single solo perdananya yang bertajuk Hanyut via Cadaazz Pustaka Musik. Maully Gagola adalah adik dari bassis band legendaris God Bless, Donny Fattah.

Adapun single yang ditulisnya bersama Uranogaz ini merupakan remake dari salah satu lagu yang terdapat dalam album mini (EP) band Legend Bee berjudul Jakarta Rock City yang dirilis 1992 silam.

Kemunculan Legend Bee yang digawangi Maully Gagola dan Uranogaz (bass) serta Baruna Priyotomo (vokal) pada saat itu menimbulkan berbagai kontroversi yang membuat EP tersebut ditarik dari peredaran hanya sebulan setelah dirilis. Itulah salah satu alasan Maully Gagola me-remake dan merilis ulang lagu Hanyut.

“Saat itu kita masih sangat muda-muda dan terlalu bersemangat menjalani Legend Bee sehingga kelakuan kita terkesan ugal-ugalan dan liar, kalau mengingat saat itu saya pikir kita hanya lost control saja sehingga tidak memikirkan risiko yang bakal kita alami," terang Maully Gagola dalam keterangannya menanggapi berita kekisruhan yang terjadi setiap Legend Bee diundang syuting di televisi.

"Saya pikir kita hanya anak muda yang penuh kebebasan dalam berekspresi sementara kru-kru televisi/broadcast pada tahun itu begitu kakunya dalam mengatur kelakuan kita yang rock n roll,” lanjut dia.

Selain ingin memperkenalkan lebih luas kehadiran Hanyut, Maully Gagola juga mempunyai alasan lain kenapa lagu tersebut dia pilih sebagai rilisan perdana dalam kariernya sebagai solois.

“Saya mengambil lagu Hanyut ini karena lagu ini adalah lagu pribadi saya, lagu ini saya tulis sendiri dengan dibantu Uranogaz pada penulisan liriknya. Kebetulan saya lihat liriknya ini sangat sesuai dengan kehidupan sehari-hari yang mungkin dialami oleh banyak orang juga,” jelas Maully Gagola.

Proses produksi single Hanyut sempat mengalami beberapa kendala yang membuat perilisannya tertunda selama kurang lebih dua tahun. Fransiscus Eko sebagai eksekutif produser dan produser mengakui bahwa proses produksi single ini sangat melelahkan dan memakan waktu.

“Sebenarnya saya dan Maully sudah sepakat menggarap mini album yang di dalamnya akan memperkenalkan 4 lagu karya Maully Gagola, namun pada kenyataannya baru memasuki proses pembuatan musik dasar di lagu kedua saya mengalami musibah sakit yang mengharuskan saya istirahat selama kurang lebih dua tahun. Akhirnya proyek mini album ini terbengkalai ditambah ada pandemi Covid 19 yang juga membuat proses produksinya semakin terganggu,” tutur Fransiscus Eko.

Dalam single ini, Maully Gagola dibantu oleh sang kakak Donny Fattah Gagola yang memainkan bass, Atev (vokal), Christian Wibisono (drum) serta Nova Zahedi (kibor) yang harus berpulang usai ikut dalam pembuatan video klipnya pada awal Juni kemarin.

Kini, single Hanyut sudah bisa dinikmati dan diunduh di berbagai digital streaming platform (DSP). Sementara itu video klipnya bisa disaksikan di kanal YouTube Musicblast.id dan Cadaazz Pustaka Musik.

>