Fiat Perkenalkan 600e, Kembaran 500e dengan Desain Lebih Lega

JAKARTA - Fiat menghadirkan sebuah SUV baru dengan nama 600e sebagai penanda kembalinya Fiat ke dalam segmen B-SUV. Mobil ini menawarkan kelegaan ruang serta pengalaman mengemudi yang berbeda.

Dilansir dari laman Stellantis, Selasa, 4 Juli, 600e hadir dengan desain yang kurang lebih sama dengan saudaranya, 500e. Dengan dimensi panjang 4.170 mm dengan ruang kabin lima kursi penumpang, kendaraan ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada saudaranya tersebut.

Dibandingkan dengan Fiat 500e terbaru, 600e terlihat lebih tajam dan gagah. Pencahayaan pada lampu LED juga diperbarui. Tampilan gagah semakin diperkuat dengan pelek yang lebih besar berukuran 18 inci.

Mengusung desain filosofi Dolce Vita, yang artinya "Hidup yang Manis", Fiat menawarkan beberapa unsur garis pada eksteriornya, seperti detail hitam glossy, aksen krom, dan kilauan pada pencahayaan belakang.

Pada bagian interiornya sendiri, dihadirkan juga beberapa fitur yang membantu pengguna mobil merasa nyaman, seperti auto AC, sensor hujan, sistem audio enam speaker, layar infotainmen 10,25 inci yang dapat dihubungkan dengan Navi, Apple CarPlay, dan Android Auto, dan layar digital kluster 7 inci.

Untuk memudahkan pengemudi dalam berkendara, Fiat menghadirkan sistem Adaptive Cruise Control yang dapat melajukan mobil pada batas kecepatan tertentu. Hadir juga fitur Blind Spot Detection yang menggunakan ultrasonic sensor yang dapat memantau pandangan titik buta.

Fitur-fitur menarik lainnya untuk membantu pengemudi ialah Stop & Go, Electric Parking Brake, Autonomous Emergency Braking, yang membantu mendeteksi adanya pengguna jalan lain di depan. 600e disediakan dalam beberapa mode berkendara sesuai kebutuhan pengemudi, yakni eco, normal, dan sport

Bagian menarik lainnya ada pada bagian daya pacu. Fiat 600e dibekali dengan motor listrik yang mampu mengeluarkan daya 154 dk dan mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 9 detik.

Pusat energi Fiat 600e berasal dari baterai lithium-ion yang memiliki kapasitas 54 kWh yang dapat membuat mobil ini melaju hingga jangkauan lebih dari 400 km dalam perhitungan WLTP.

Fiat 600e cukup kompatibel dengan pengisian daya cepat 100 kW sehingga dapat mengisi daya hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 30 menit. SUV listrik ini juga hadir dengan pengisian daya 11 kW Onboard Charger dan Mode 3 Cable untuk pengisian daya di rumah atau publik yang dapat mengisi daya hingga penuh dalam waktu kurang dari 6 jam.

Meskipun belum diumumkan perihal harga, saingan dari Peugeot e-2008 tersebut sudah dapat dipesan mulai 5 Juli dan diharapkan unit pertama tiba di pasar Italia pada September mendatang. Fiat juga akan menghadirkan varian hybrid 600e pada pertengahan 2024.