Toyota Meluncurkan All New Alphard dan All New Vellfire: MPV Premium dengan Peningkatan Desain dan Fitur Terbaru

JAKARTA - Toyota Motor Corporation telah merilis pembaruan untuk MPV premium mereka, yaitu All New Alphard dan All New Vellfire.

Toyota melakukan berbagai perubahan pada Alphard dan Vellfire terbaru ini, termasuk pada sektor eksterior, interior, dan performa. Demi meningkatkan kenyamanan, Toyota juga mengurangi getaran dan kebisingan pada mobil mewah ini.

Interior Alphard terbaru.

Selain itu, Toyota juga menyediakan varian Hybrid Electric Vehicle (HEV) pada kedua model tersebut, selain varian bermesin bensin. Pabrikan ini juga berencana untuk meluncurkan versi Plug-In Hybrid (PHEV) di masa mendatang, seperti yang diumumkan dalam laman resmi Toyota pada Rabu, 21 Juni.

Interior Vellfire terbaru.

Desain mobil ini tampil lebih segar dengan dimensi panjang 5.000 mm dan lebar 1.850 mm, memberikan kenyamanan bagi penumpang.

Dalam desain yang mengusung tema "Forceful x Impact Luxury", bagian depan mobil terlihat sangat berbeda dari generasi sebelumnya. Lampu depan menjadi lebih tipis dan tertata dengan rapi.

Kedua Alphard dan Vellfire terbaru ini tetap mempertahankan desain grill besar mereka. Namun, MPV ini tampak lebih mempesona dengan air intake yang lebih lebar, memberikan keunggulan aerodinamika pada mobil.

Dalam membahas MPV seperti Alphard dan Vellfire, bagian yang paling penting terletak pada interior. Toyota telah mengembangkan fasilitas seperti Super-Long Overhead Console yang terletak di langit-langit mobil, Universal Step sebagai pijakan penumpang, dan Center Pillar Long Assist Grip yang membantu penumpang naik ke dalam kendaraan.

All New Alphard dan Vellfire dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang membantu pengemudi, seperti Intra-Lane Steering Assist, Deceleration Assist, Remote Park, Cruise Control, dan Lane Tracing Assist.

Dari segi performa, All New Alphard bermesin bensin menggunakan mesin 2,5 liter 2AR-FE yang dikombinasikan dengan sistem transmisi Super CVT-i canggih. Terdapat pilihan penggerak roda depan dan empat roda.

Selain itu, tersedia juga opsi mesin hybrid dengan Series Parallel Hybrid System A25A-FXS 2,5 liter yang dikombinasikan dengan transmisi e-CVT, dan tersedia pilihan penggerak roda dua atau empat.

Sedangkan untuk Vellfire, tersedia mesin 2,4 liter turbo T24A-FTS yang lebih kecil daripada mesin 3,5 liter V6 pada versi sebelumnya. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi direct shift delapan percepatan dan sistem penggerak roda dua dan empat.

Berbeda dari versi bensinnya, All New Vellfire dengan opsi teknologi hybrid menggunakan mesin yang sama dengan Alphard, yaitu Series Parallel Hybrid System A25A-FXS 2,5 liter dengan transmisi e-CVT. Tersedia opsi penggerak roda dua atau empat.

Toyota menyajikan dua varian pada kedua model ini, yaitu Z dan Executive Lounge. Di Jepang, All New Alphard varian Z dibanderol dengan harga 5,4 juta hingga 6,4 juta yen atau sekitar Rp569,8 juta hingga Rp677,5 juta, tergantung pada pilihan varian mesin.

Tampilan Alphard terbaru.

Sementara itu, untuk varian Executive Lounge, All New Alphard dijual dengan harga yang lebih tinggi, yaitu antara 8,5 juta hingga 8,72 juta yen atau sekitar Rp896,9 juta sampai Rp920,2 juta.

Untuk All New Vellfire, varian Z dibanderol dengan harga 6,5 juta hingga 7,12 juta yen atau sekitar Rp691,2 juta hingga Rp751,3 juta, sedangkan untuk varian mewahnya, Executive Lounge dihargai sekitar 8,7 juta hingga 8,92 juta yen atau kisaran Rp917,9 juta sampai Rp941,1 juta.