Bentuk Penghormatan pada Balap Le Mans, Toyota Hadirkan Prius Edisi Khusus

JAKARTA - Divisi motorsport milik Toyota, Toyota Gazoo Racing (TGR), menghadirkan edisi khusus dalam rangka menyambut perayaan ke-100 tahun balapan ikonik 24 Hours Le Mans, Prius 24h Le Mans Centennial Edition.

Prius edisi khusus tersebut diperkenalkan dalam pameran "Japan. Endless Discovery" yang diadakan oleh Japan National Tourism Organization (JNTO), Mazda Corporation, dan TGR dalam stand Manufacturers Village dalam rangka memberikan penghormatan kepada balapan Le Mans.

Dalam laman resmi Toyota, Selasa, 6 Juni, Toyota Prius edisi spesial tersebut berbasis dari model Prius generasi kelima terbaru. Tentunya Prius tersebut memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan versi standar.

Prius spesial edisi Le Mans tersebut ditampilkan seperti halnya mobil balap dengan modifikasi khas dari TGR. Mulai dari peningkatan dari sisi aerodinamika dengan penambahan side skirt, sayap belakang yang besar, serta penambahan diffuser belakang.

Perbedaan mencolok dihadirkannya hood yang terbuat dari bahan serat karbon yang memiliki peran dalam mengurangi jumlah bobot mobil untuk memaksimalkan performa mobil.

Tampilan Prius tersebut semakin sporty dengan disematkannya wide-track suspension, ban Michelin Pilot 4S 235/50R18, dan pelek aerodinamika yang eksklusif dari RAYS. TGR juga memberikan lampu tambahan pada bagian bemper bawah untuk meningkatkan visibilitas pada malam hari yang diambil dari pencahayaan dari mobil prototype, GR010 Hybrid.

Toyota telah mengikuti 24 Hours Le Mans sejak 1985 dengan mobil prototype Tom's 85C. Meskipun sempat mengalami berbagai masalah ketika mengikuti balap ikonik tersebut, Toyota akhirnya meraih hasil terbaik posisi ke-2 pada 1999 dengan TS020 atau dikenal sebagai Toyota GT-One.

Sempat vakum dari ajang sportscar karena mengalihkan asetnya untuk pengembangan tim F1, Toyota kembali lagi ke kompetisi ajang balap ketahanan, FIA WEC dan ikuti balap Le Mans pada tahun 2012.

Sejak saat itu, Toyota meraih kesuksesan dengan memenangi balap 24 Hours Le Mans pada tahun 2018 dengan Toyota TS050 Hybrid dengan pembalap Sebastien Buemi, Brendon Hartley, dan juara dunia F1, Fernando Alonso.

Setelahnya, Toyota sukses meraih kemenangan lima kali beruntun balapan yang berlangsung di Sirkuit De La Sarthe, Le Mans tersebut, dengan harapan tahun ini pabrikan akan meraih kemenangan yang keenam kali berturut-turut.

Balapan seabad 24 Hours Le Mans akan diadakan pada 10-11 Juni mendatang yang akan berlangsung di Sirkuit De La Sarthe, Le Mans, Prancis yang diikuti oleh 62 mobil dari empat kelas, yang terdiri dari kelas utama Hypercar, LMP2, GTE-Am, dan Garage 56.

Toyota akan masuk ke dalam kelas Hypercar dengan mobil GR010 Hybrid, yang juga diikuti oleh berbagai pabrikan ternama, seperti Cadillac, Ferrari, Porsche, dan Peugeot. Pada kelas ini juga akan diikuti oleh pabrikan garagiste seperti Glickenhaus dan Vanwall.

24 Hours Le Mans tahun ini juga diikuti oleh dua pembalap asal indonesia, yakni Sean Gelael di kelas LMP2 bersama Team WRT dan Andrew Haryanto dengan Walkenhorst Motorsport di kelas GTE-Am mengendarai Ferrari 488 GTE.