Kembali Torehkan Rekor di Nurburgring, Tesla Model S Plaid Disejajarkan dengan Ferrari Enzo

JAKARTA - Tesla kembali meraih rekor sebagai mobil listrik pemegang putaran waktu tercepat di sirkuit legendaris, Nurburgring Nordschleife dengan Model S Plaid mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Porsche Taycan Turbo S.

Untuk menaklukan sirkuit ikonik tersebut, persiapan yang dihadapi Tesla tidak main-main. Mereka telah menyediakan paket khusus untuk menaikkan performa mobil, yakni Track Package.

Dilansir dari InsideEV, Sabtu, 3 Juni, Track Package yang disediakan untuk Model S Plaid mencakup pelek Zero-G aluminium, ban Goodyear Supercar 3R, dan kit rem keramik karbon.

Rem keramik karbon tersebut terdiri dari rotor karbon-silikon karbida, kaliper tempa satu bagian dengan bantalan performa tinggi, dan track- minyak rem siap pakai.

Berbeda saat mencetak rekor putaran tercepat pada dua tahun lalu, Tesla menghadirkan Model S Plaid dengan setir berbentuk bundar yang tentunya mempengaruhi pengendalian mobil melewati 154 tikungan ganas di Nordschleife.

Tesla Model S Plaid yang telah diubah penyetelannya tersebut berhasil mencatatkan waktu tercepat 7:25.231, yang di mana catatan waktu tersebut lebih cepat 8 detik bila dibandingkan dengan apa yang diraih oleh Porsche Taycan Turbo S tahun lalu dengan 7 menit 33 detik.

Tidak hanya itu, dengan ditambahkan beberapa penyetelan dari Track Package ini membuat Model S Plaid lebih cepat 10 detik bila dibandingkan dengan rekor Tesla sebelumnya di Nordschleife dengan mobil yang sama pada 2021.

Selain itu, Tesla membuktikan bahwa Model S Plaid menjadi mobil listrik tercepat dengan meraih kecepatan tertinggi hingga 289 km/jam.

Dengan raihan tersebut di Nurburgring, nama Tesla Model S Plaid kini disejajarkan dengan beberapa supercar legendaris seperti Ferrari Enzo dan Mercedes SLS AMG Black Series yang menorehkan catatan waktu yang tidak jauh berbeda.