Elon Musk Klaim Tesla Model S Plaid Pecahkan Rekor Kecepatan Mobil Listrik
Akselerasi Tesla Model S Plaid, capai 60 mph kurang dari 2 detik. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Elon Musk mengumumkan pada Kamis, 9 September bahwa Tesla Model S Plaid yang 'benar-benar tidak dimodifikasi, langsung dari pabrik' mampu mencetak rekor kecepatan dunia baru untuk produksi mobil listrik.

Model S Plaid menyelesaikan satu putaran penuh di trek Nürburgring Nordschleife Jerman sepanjang 13 mil dalam tujuh menit dan 35,579 detik. Catatan waktu tersebut melampaui catatan waktu terbaik sebelumnya yaitu tujuh menit 42 detik yang dibukukan oleh Porsche Taycan Turbo pada tahun 2019.

Sirkuit Jerman ini dikenal sebagai tempat bagi para pembuat mobil untuk menguji performa kendaraan baru mereka terhadap pesaing. Musk sendiri menyatakan bahwa sedan merah dengan 1.020 tenaga kuda itu tidak dimodifikasi kecuali ban saja.

Namun, CEO Tesla ini juga berencana untuk menguji Model S Plaid yang dimodifikasi di trek yang akan membanggakan 'permukaan aero, rem karbon & ban trek.'

Musk, bersama dengan perancang utama Tesla, Franz von Holzhausen, memperkenalkan mobil dengan harga hampir 130.000 dolar AS pada awal Juni lalu. Ia dengan bangga memamerkan jika mobil itu mampu berakselerasi nol hingga 60 mil/ jam hanya dalam waktu kurang dari dua detik.

Namun, untuk mencapai kecepatan tertinggi 200mph, pengemudi membutuhkan 'roda dan ban yang tepat' dengan biaya tambahan yang tidak diungkapkan, yang menurut situs Tesla, tidak akan tersedia hingga musim gugur 2021.

“Lebih cepat dari Porsche tetapi lebih aman dari Volvo,” kata Musk selama siaran langsung acara tersebut. Setelah tes hari Kamis, pernyataan Musk tampaknya benar.

Model S Plaid melaju di jalan berangin, dengan kecepatan tercepat mencapai 103mph, seperti dilaporkan oleh media Inside EVs.

Mobil listrik ini, menurut Tesla, dapat menyelesaikan seperempat mil hanya dalam 9,23 detik dan melaju dari nol hingga 60mph hanya dalam 1,99 detik, yang semuanya dikatakan Musk memungkinkan kendaraan berharga itu mencetak rekor dunia baru di Jerman.

Tesla sebelumnya merilis Model S kotak di Colorado Springs pada bulan Juni, di mana Musk melihat balapan kendaraan ini di balapan Pikes Peak Hill Climb.

Namun, kali ini mobil tersebut dimodifikasi untuk mendaki gunung setinggi 12.780 kaki, lintasannya setinggi 14.000 kaki, tetapi cuaca buruk memperpendek lintasan.

Tesla mulai mengirimkan Model S Plaid pada 11 Juni, yang merupakan iterasi baru dari sedan mewah berusia sembilan tahun.

Menurut situs web perusahaan, tri-motor Model S Plaid memiliki jangkauan 390 mil, kecepatan tertinggi 200mph dan 1.020 tenaga kuda. Sementara  konfigurasi motor ganda, ia dapat menempuh 412 mil dengan sekali pengisian daya dan Musk mengatakan bahwa ia mampu menempuh jarak 187 mil hanya dengan pengisian daya selama 15 menit.

Model Plaid ini adalah referensi untuk kecintaan Musk pada film 'Spaceballs,' yang memperbarui Model S dengan 'kecepatan menggelikan' di masa lalu.

Terkait