Volkswagen ID. Buzz Tujuh Kursi Terbaru Dikenalkan di Amerika Utara

JAKARTA - Volkswagen ID. Buzz meluncur tahun lalu di Eropa dalam bentuk MPV lima kursi namun versi terbaru ID Buzz LWB (long wheelbase) dengan dimensi lebih besar dengan tujuh kursi penumpang dikenalkan di pasar Amerika Utara, 2 Juni 2023 dan akan tersedia pada 2024 mendatang.

Sesuai namanya Volkswagen ID Buzz LWB memiliki jarang sumbu roda dengan panjang 3.239 mm dibandingkan dengan ID standar. Buzz 2.989mm. Hasilnya, bodi bertambah 250mm menjadi 4.962mm.

“Bus VW memiliki sejarah panjang di AS dan menikmati status kultus yang nyata. Tujuan kami hari ini adalah untuk lebih memperkuat merek Volkswagen di Amerika. Identitas Buzz terbaru dengan jarak sumbu roda yang panjang adalah model yang tepat untuk memenuhi tugas ini,” ungkap Pablo Di Si, Presiden dan CEO Volkswagen Group of America, di ruang media Volkswagen, 2 Juni.

Mengadopsi bentuk van klasik T1, MPV ini menawarkan ruang yang lebih luas dan nyaman untuk pengemudi dan penumpangnya. Namun kelebihan jarak sumbu roda juga dimanfaatkan VW untuk menambah kapasitas baterainya menjadi 91-kWh dengan hanya 82-kWh di Buzz versi Eropa.

ID Buzz LWB menampilkan sejumlah kesamaan drivetrain dengan VW ID. 7. Baik ID.7 maupun ID. Buzz didasari platform MEB, dengan konfigurasi baterai terpasang di bawah lantai seperti papan skateboard.

Volkswagen mengklaim ID Buzz LWB dapat mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 7,9 detik namun tentang jarak tempuh baterainya saat terisi penuh belum diungkapkan tapi perkiraan jangkauan maksimum setidaknya mencapai 415 km.

Fitur-fitur pintar juga ditanamkan dalam ID Buzz LWB. Pengemudi dan penumpang dapat menikmati sistem infotainmen canggih dengan layar sentuh yang responsif, konektivitas Bluetooth, dan navigasi yang terintegrasi, hingga parkir jarak jauh melalui smartphone.

Satu kelebihan lain dari Buzz terbaru yang harganya juga belum diungkap ini adanya sunroof panoramik berteknologi tinggi dirancang dengan kaca pintar membawa kembali kenangan Bus Samba legendaris tahun 50-an. Dengan luas 1,5 meter persegi, ini adalah atap kaca terbesar yang pernah dibuat oleh Volkswagen.