Berantas TPPO, Kapolri Tegaskan Penindakan Terhadap Kelompok Jaringan Internasional

TANGERANG - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan akan menindak tegas siapa pun yang terlibat dalam Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Ia juga meminta Divisi Hubungan Internasional Kepolisian Negara Republik Indonesia (Divhubinter) untuk bekerjasama dengan negara-negara terkait untuk mencari tahu sindikat pelaku-pelaku TPPO.

“Untuk kemudian mencari tahu, kelompok atau sindikat yang ada yang mungkin bisa bekerjasama kelompok di Indonesia, sehingga kita melakukan penegakan hukum,” kata Listyo kepada wartawan Listyo di Pusat Internasional Polri, Tangerang Selatan, Rabu, 31 Mei.

Listyo juga menyatakan, pihaknya berkomitmen memberantas TPPO. Ia tak segan akan mengambil langkah tegas terhadap pelaku TPPO.

"Kita akan tindak tegas siapapun yang terlibat di dalamnya. Tentunya saat ini tim sedang mempersiapkan diri untuk mulai bekerja," terang Listyo.

Dalam kesempatannya, Sigit berharap perwakilan Polri yang ada di luar negeri dapat mengambil langkah kerja sama yang baik. Sehingga saat adanya TPPO bisa berkoordinasi dengan polisi negara setempat ataupun menghubungi langsung ke Indonesia.

"Dan saya harapkan perwakilan polisi di luar negeri bisa mengambil langkah-langkah bekerjasama, baik dengan negara setempat, maupun segera menghubungi kita yang ada di Indonesia," tutupnya.