VF F200, Motor Listrik Hasil Kolaborasi Yadea dan Porsche

JAKARTA - Belum sepopuler pabrikan roda dua seperti Yamaha, Honda, Kawasaki dan lainnya, namun untuk kelas produsen kendaraan roda dua bertenaga listrik, Yadea paling menarik untuk dibahas.

Memulai debutnya di Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Nevada 2023, pabrikan asal China ini membuat kejutan dengan merilis Yadea E150, motor listrik performa tinggi dengan torsi 160Nm. Kini, Yadea cukup percaya diri akan menghadirkan salah satu model skuter listrik untuk pasar Eropa.

Pabrikan asal China tersebut menghadirkan kendaraan listrik dengan nama VF F200 hasil kerja sama dengan insinyur dari Porsche.

Dilansir dari Rideapart, Minggu, 28 Mei, desain dari F200 tersebut terinspirasi dari mobil sport asal Jerman tersebut. Dengan tampilan yang modern serta sporty, F200 menawarkan performa ciamik.

Menurut Yadea, F200 adalah skuter listrik paling bertenaga di kategori L3e saat ini, atau skuter listrik yang performanya setara dengan mesin bensin 125 cc yang dapat menghasilkan tenaga 14,7 dk dan torsi puncak 236 Nm.Dalam segi kecepatan, Yadea VF F200 dapat berakselerasi dari 0 ke 50 km/jam dalam waktu 2,5 detik dengan kecepatan maksimal hingga 100 km/jam.

Namun menurut Rideapart, meski harga resmi belum dirilis tenaga mesin motor listrik ini sebenarnya lebih besar dari yang tertera di lembar spesifikasi.