Warga Tewas Diserang Harimau Saat Lakukan Penebangan Liar di Hutan Sungai Siam Riau

PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melaporkan seorang warga dilaporkan tewas diserang harimau Sumatera. Korban bernama Arbain tewas di lokasi penebangan liar yang jadi habitat asli harimau.

Kepala BBKSDA Riau, Genman Hasibuan mengatakan lokasi korban ditemukan tewas berada di Kawasan Hutan Sungai Siam. Lokasi tersebut menjadi bagian habitat harimau sumatera di Landskap Semenanjung Kampar.

"Tim menemukan maraknya penebangan liar di Tempat Kejadian Peristiwa di mana lokasi tersebut menjadi bagian habitat Harimau Sumatera di Landskap Semenanjung Kampar," katanya dilansir ANTARA, Sabtu, 20 Mei.

BKSDA mengimbau warga agar menghentikan penebangan liar di kawasan habitat Harimau Sumatera tersebut untuk menghindari kejadian berulang.

BKSDA juga telah berkoordinasi dengan Kepolisian Sektor Gaung dan pihak terkait untuk bersama-sama mengamankan Harimau Sumatera dari tindakan anarkis.

Penyerangan harimau terjadi saat korban, Arbain, pergi dari pondok kayu kerjanya ke tempat penebangan kayu di hutan. Beberapa saat kemudian korban ditemukan sudah tewas.

"Saat itu juga para saksi itu melihat seekor Harimau Sumatera muncul dari lokasi kejadian. Para saksi tersebut tidak melihat dan mendengar kejadian berlangsung karena kerasnya suara mesin “chainsaw” pemotong kayu," katanya.