Apa Itu Forecasting? Ini Penjelasan, Manfaat, hingga Metodenya

YOGYAKARTA – Dalam dunia bisnis, ada istilah forecasting. Istilah tersebut berkaitan dengan masa depan perusahaan. Untuk memahami apa itu forecasting, simak artikel berikut ini.

Apa Itu Forecasting

Dikutip dari oxfordlearnersdictionaries, forecasting diartikan sebagai prediksi tentang masa depan yang dikatakan dengan mempertimbangkan seluruh informasi yang telah dimiliki. Dalam situs tersebut forecasting juga bersinonim dengan predict atau peramalan prediksi.

Secara umum, forecasting adalah metode untuk memperkirakan atau memprediksi arah masa depan perusahaan dengan mengacu pada data historis dan data lain yang telah dikantongi sebagai bahan acuan. Data tersebut digunakan untuk menemukan hubungan, pola, hingga kecenderungan lain yang sistematis. Ilmu forecasting jadi hal yang penting bagi perusahaan karena dipakai jadi salah satu pertimbangan pihak manajemen saat mengambil keputusan penting.

Manfaat Forecasting untuk Bisnis

Forecasting jadi kegiatan yang cukup penting dalam dunia bisnis untuk membuat keputusan bisnis demi kemajuan perusahaan. Secara umum manfaat forecasting adalah sebagai berikut.

  • Membantu menentukan tujuan dan rencana perusahaan sejelas mungkin
  • Membantu menyusun anggaran
  • Mengantisipasi hal-hal yang berkaitan dengan pasar
  • Sebagai bahan pertimbangan keputusan perusahaan
  • Sebagai salah satu cara mengembangkan bisnis.

Metode Forecasting

Dalam melakukan forecasting atau perkiraan bisnis terdapat beberapa metode yang dipakai yakni sebagai berikut.

  • Metode Kuantitatif

Metode ini menekankan pendapat dan analisa yang disusun secara secara deskriptif. Hasil yang didapat bersifat subjektif karena disusun berdasarkan penilaian pribadi para ahli. Dalam praktiknya, metode ini dikelompokkan jadi dua yakni time series dan metode kasual.

  • Metode Kualitatif

Peramalan ini dilakukan dengan cara menganalisa variabel yang berbeda untuk menyusun hubungan sebab-akibat antara peristiwa, elemen, serta hasil. Metode ini menggunakan berbagai variabel seperti survei pasar, opini ahli, hingga data dari tenaga pemasaran.

Itulah informasi tentang apa itu forecasting. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi lain.