Mantan Kepala Teknik Bytedance di AS Ajukan Gugatan, Tuding TikTok Mencuri Konten dari Instagram dan Snapchat

JAKARTA - Seorang mantan kepala teknik di Bytedance di Amerika Serikat mengatakan perusahaan tersebut memecatnya setelah ia mengungkapkan kekhawatiran kepada manajemen bahwa mereka mengambil konten pengguna dari platform lain, terutama Instagram dan Snapchat.

Sengketa ini muncul pada saat aplikasi milik ByteDance, TikTok, menghadapi seruan yang semakin meningkat untuk dilarang di seluruh Amerika Serikat karena kekhawatiran tentang pengaruh pemerintah China terhadapnya.

Yintao "Roger" Yu mengatakan dalam gugatan yang diajukan pada Jumat 12 Mei di pengadilan negara bagian San Francisco bahwa perusahaan teknologi China tersebut terlibat dalam "skema global untuk mencuri dan memperoleh keuntungan dari konten orang lain" tanpa izin.

Ketika Yu mengungkapkan kekhawatiran ini kepada manajemen yang lebih tinggi, dia mengatakan mereka mengabaikannya dan memintanya untuk menyembunyikan program ilegal tersebut, terutama dari karyawan di Amerika Serikat, karena negara tersebut memiliki undang-undang kekayaan intelektual yang lebih ketat dan tindakan kolektif.

Dia kemudian diberhentikan oleh ByteDance pada November 2018.

Dilaporkan Reuters, Yu juga mengatakan dalam gugatan tersebut bahwa ByteDance membuat pengguna palsu untuk membesar-besarkan metriknya dan berfungsi sebagai alat propaganda yang berguna bagi Partai Komunis China (CCP).

Dia mengajukan permintaan kepada pengadilan untuk melarang ByteDance mengambil konten dari platform media sosial lainnya.

Menanggapi gugatan tersebut, ByteDance mengatakan, "Kami berencana untuk secara tegas menentang apa yang kami yakini sebagai tuntutan dan tuduhan yang tidak berdasar. Tuan Yu bekerja untuk ByteDance Inc. kurang dari satu tahun."

ByteDance juga menanggapi tuduhan pengambilan konten, mengatakan bahwa mereka mengakuisisi data sesuai dengan praktik industri dan kebijakan global mereka.

Pada bulan April, para legislator di Montana mengesahkan undang-undang yang melarang aplikasi TikTok yang berbasis video pendek beroperasi di negara bagian tersebut.

Pada bulan Maret, para legislator Amerika Serikat mempertanyakan Chief Executive TikTok, Shou Zi Chew, tentang potensi pengaruh China, dengan mengatakan video pendeknya merusak kesehatan mental anak-anak, mencerminkan kekhawatiran bipartisan tentang kekuatan aplikasi ini terhadap warga Amerika.