Tingkah Laku Zayn Malik yang Bikin Penggemar Khawatir

JAKARTA - Penyanyi Zayn Malik baru merilis album bertajuk Nobody is Listening pada 15 Januari lalu. Album ini menandai kembalinya Zayn Malik ke dunia musik setelah terakhir melepas album Icarus Falls di tahun 2018.

Dikenal sebagai sosok yang tertutup, Zayn Malik tidak melakukan promosi besar-besaran dengan album barunya. Tetapi, baru-baru ini, dia melakukan Instagram Live yang memperlihatkan dirinya sedang mendengarkan album Nobody is Listening.

Sesi itu juga digunakan penyanyi kelahiran 12 Januari itu untuk menyapa penggemarnya di New York, tempat ia berdomisili. Saat itu waktu menunjukan jam 6 pagi.

Sembari memutar album Nobody is Listening, pasangan Gigi Hadid ini terlihat merokok serta minum sebotol bir. Mantan anggota One Direction ini juga nampak makan pizza sambil berbincang tentang kegiatan musiknya.

“Saya merekam sebuah lagu hari ini. Mungkin tampaknya aneh. Saya hanya duduk di depan komputer,” katanya dalam sesi Instagram Live tersebut.

Ternyata, apa yang Zayn Malik lakukan ini meninggalkan kebingungan di antara penggemar di Twitter. Tidak sedikit dari mereka yang bertanya mengapa ia memutar lagu dengan keras di pagi hari. Selain itu, para penggemar juga curiga idolanya mengonsumsi mariyuana.

Proses Kreatif

Zayn Malik dan Gigi Hadid menyambut anak pertama mereka pada September 2020. Keduanya sedang menikmati peran baru sebagai orang tua. Inilah salah satu alasan mengapa penggemar bereaksi melihat tingkah idolanya yang terkesan 'aneh'.

“Mengapa Zayn mengonsumsi mariyuana dan mendengarkan musik dengan kencang dan lampu yang gemerlap di jam enam pagi ketika ia memiliki bayi di rumah?” kata salah satu penggemar.

Zayn Malik dan mariyuana memang tidak dapat dipisahkan. Sejak ia memutuskan keluar dari One Direction, pelantun Dusk Till Dawn itu mengaku mengonsumsi mariyuana sebagai bagian dari proses kreatif bermusiknya.

“(Mariyuana) terkadang membantu proses kreatif bermusik, jika Anda mengonsumsi ganja yang bagus,” kata dia. Bahkan melalui wawancara dengan NME, Zayn Malik mengatakan mengonsumsi mariyuana sudah menjadi kebiasaan baginya.

Namun, ia tidak pernah mengatakan sejak kapan ia berhubungan dengan ganja. “Saya tidak ingin mengatakannya karena saya tidak ingin mempengaruhi orang lain. Itu sesuatu yang hanya saya lakukan.”

Di sisi lain, pernyataan itu memang sempat mengejutkan penggemar. Tetapi beberapa foto Zayn Malik yang sedang merokok di masa lalu sadar tak sadar mengingatkan penggemar bahwa hal ini bukan kebiasaan baru bagi idolanya.

Mencoba Nyaman di Depan Publik

Nama Zayn Malik tidak dapat dipisahkan dari boygroup One Direction, di mana ia memulai karier bermusiknya. Sebagai salah satu anggota grup pop ternama di dunia, Malik pernah mengalami masa-masa sulit.

Bagi Zayn Malik, berada dalam sebuah grup musik tidak sesuai dengan dirinya. Ia juga seakan tidak siap menghadapi kepopuleran yang terus menanjak.

Zayn Malik mengumumkan keluar dari One Direction pada tahun 2015 karena ingin menjadi orang biasa. Namun beberapa bulan kemudian, ia merilis lagu Pillowtalk sebagai penanda karie solonya.

Sejak itu, pria berusia 28 tahun itu sering memberikan pernyataan kontroversial terkait One Direction. Salah satunya ia bilang, image One Direction tidak sesuai dengan karakternya. Pernyataan itu disayangkan penggemar dan anggota grup seperti Louis Tomlinson, Harry Styles, Liam Payne, dan Niall Horan.

Namun, penggemar Zayn Malik membela sang idola. Mereka meminta warganet untuk berhenti berasumsi mengenai kehidupan idolanya.

Tidak sedikit dari mereka yang mengatakan butuh waktu bagi seorang Zayn Malik untuk tampil menunjukan apa adanya di depan publik. Seperti diketahui, tahun 2017, Zayn Malik pernah menceritakan pengalamannya menghadapi kekhawatiran berlebihan (anxiety) dan kesehatan mental.

Karena alasan itu, dia mengaku tidak bisa tampil di hadapan orang banyak sehingga untuk menggelar konser dan mempromosikan proyek barunya adalah sebuah kesulitan. Sesi Instagram Live ini menjadi salah satu dari sekian hal yang dapat Zayn Malik lakukan dengan nyaman.

Seiring dengan kekhawatiran penggemar tadi, pihak Zayn Malik enggan memberi respons terkait kontroversi yang dibuat artis mereka.