Google Banjiri Pengguna Gmail dengan Iklan yang Mengganggu

JAKARTA - Google sekarang menampilkan lebih banyak iklan di dalam Gmail. Tetapi, format iklan yang disajikan bukan di bagian atas lagi, melainkan tersemat seperti daftar email biasa.

Melansir 9to5Google, Sabtu, 6 Mei, iklan sekarang ditampilkan tidak hanya di kotak masuk Promosi dan Sosial, tetapi juga hadir di kotak masuk Pembaruan yang dulunya dibiarkan kosong tanpa jklan, ia dan tidak lagi ditempatkan di bagian atas kotak masuk tersebut.

Perubahan tersebut terlihat pada versi seluler dan desktop Gmail. Sama seperti kotak masuk lainnya, dua iklan kini muncul di bagian atas daftar email, membuat ruang yang tadinya bersih terlihat berantakan.

Karena perusahaan tidak memisahkan iklan ini, tentu saja banyak pengguna Gmail yang protes atas tindakan Google.

Sebagian dari mereka melampiaskan kekesalan itu melalui Twitter, "Sebagai orang yang bekerja sangat keras untuk menjaga agar email saya tetap terkendali, saya benar-benar diganggu bahwa Gmail hanya memasukkan iklan acak ke kotak masuk saya sekarang," tweet @rohallma yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Rata-rata dari keluhan pengguna, mereka cukup sulit membedakan mana email asli dan iklan akibat dari penempatan yang digagas Google ini.

Saat ini, tidak jelas apakah hal itu merupakan ujian atau perubahan permanen untuk menampilkan lebih banyak iklan kepada pengguna.

Menanggapi hal ini, juru bicara Google kepada XDA Developers menyatakan, "Kami selalu bereksperimen dengan format dan mencari cara untuk membantu orang menemukan dan terhubung dengan bisnis baru," jelasnya.

"Tab Promosi menampilkan email promosi dari bisnis tempat orang berlangganan, serta penawaran dan penawaran dari perusahaan yang mungkin disukai orang. Kami meluncurkan iklan instream di tab Promosi tahun lalu di seluruh perangkat seluler dan dalam sebulan terakhir juga diperluas ke desktop," imbuhnya.