Usai Gmail, Kini Google Bawa Format Iklan Baru di Play Store
Google kembali menyuguhkan iklan ke Play Store. (foto: dok. google).

Bagikan:

JAKARTA - Setelah Gmail, Google kembali menyuguhkan iklan ke Play Store. Disebut acara terbatas dan penawaran bersponsor, iklan ini di tempatkan di samping riwayat pencarian.

Menurut laman dukungan Google, format iklan baru itu bertujuan untuk membantu pengguna menemukan aplikasi dan gim yang mereka sukai.

Pengguna seluler juga akan melihat saran untuk acara dengan waktu terbatas dan saran bersponsor di samping pencarian sebelumnya saat memulai pencarian baru.

Jumlah iklan akan muncul maksimal tiga, dan kedua jenis iklan menghilang saat pengguna mulai mengetik pencarian.

Acara dengan waktu terbatas sudah digunakan untuk mempromosikan aplikasi streaming yang mungkin memiliki pertandingan olahraga atau acara dalam gim.

Mereka sekarang akan ditampilkan dalam riwayat pencarian bersama dengan nama aplikasi, ikon, peringkat, dan jumlah unduhan.

Perubahan ini terjadi di log Pembaruan Sistem Google pada April, dan akan tersedia untuk pengguna secara bertahap, seperti dikutip dari 9to5Google, Senin, 8 Mei.

Sebelumnya diwartakan, Google sekarang juga menampilkan lebih banyak iklan di dalam tab Promosi pada Gmail. Tetapi, format iklan yang disajikan bukan di bagian atas lagi, melainkan tersemat seperti email biasa.

Iklan sekarang ditampilkan tidak hanya di kotak masuk Promosi dan Sosial, tetapi juga hadir di kotak masuk Pembaruan yang dulunya dibiarkan kosong tanpa jklan, ia dan tidak lagi ditempatkan di bagian atas kotak masuk tersebut.

Perubahan tersebut terlihat pada versi seluler dan desktop Gmail. Sama seperti kotak masuk lainnya, dua iklan kini muncul di bagian atas daftar email, membuat ruang yang tadinya bersih terlihat berantakan.

Karena perusahaan tidak memisahkan iklan ini, tentu saja banyak pengguna Gmail yang protes atas tindakan Google.