Aston Martin DB5 dan James Bond: Kesatuan yang Sempurna di Dunia Mata-mata

JAKARTA - Aston Martin DB5 adalah salah satu mobil paling ikonik dalam sejarah otomotif dan menjadi impian banyak orang pada masanya.

Mobil ini muncul dalam berbagai film dan acara TV, tetapi peran paling terkenalnya ada dalam waralaba James Bond. Total, mobil ini muncul dalam delapan film 007.

Nah, meski karakter Bond telah diperankan oleh sejumlah aktor dengan mengendarai banyak mobil berbeda dari BMW, Bentley, Chevrolet, dan Ford. Tapi Aston Martin DB5 1964 masih menjadi "mobil Bond" yang paling terkenal.

Kendaraan grand tourer (GT) itu dipakai pertama kali pada film James Bond, Goldfinger yang dirilis tahun 1964. Yang berperan sebagai agen 007 waktu itu adalah Sean Connery.

Aston Martin DB5 milik Sean Connery. (Dok. Jamesbondlifestyle)

Aston Martin DB5 merupakan keluaran 1963 dan evolusi dari seri akhir DB4. Seri DB merupakan penghormatan untuk David Brown (Kepala Aston Martin 1947-1972).

Aston Martin DB5 memiliki banyak kesamaan dengan DB4. Namun, perubahan paling substansial DB5 terjadi di bawah kap mesin.

Seluruh mesin yang dipakai DB5 terbuat dari alumunium. Sedangkan DB4 dari logam. Kapasitas dapur pacu DB5 dinaikkan dari 3.7 liter pada DB4 menjadi  dari 4.0 liter.  Transmisinya memakai lima percepatan dan mampu menghasilkan tenaga 285 hp dan kecepatan maksimal 233 km/jam.

Harga Tinggi Aston Martin DB5 

Aston Martin hanya memproduksi kurang dari 1.100 model DB5, menjadikan model tersebut sebagai kendaraan yang langka dan dicari. 

Tak hanya dekat di film, mendiang Sean Connery, ternyata memiliki satu unit mobil ini sampai akhir hayatnya pada 2020.

“Ayah menyukai DB5 dan sering membicarakannya, saya pikir itu memang mewakili sesuatu dalam hidupnya yang unik sekaligus mengabadikan momen pada waktunya,” kata Jason Connery, putra Sean Connery dalam pernyataan dilansir dari CNBC Internasional, Juni 2022 silam.

Pada Agustus 2022, mobil DB5 1964 milik Sean Connery ini terjual dalam pelelangan dengan harga 2,4 juta dolar AS selama Monterey Car Week. Uang hasil pelelangannya diberikan untuk Sean Connery Philanthropy Fund, menurut Broad Arrow Auctions.

Mobil rakitan 1964 itu dalam kondisi yang sangat prima karena telah direstorasi sehingga terlihat seperti sebuah mobil baru. Tadinya, mobil berwarna snow shadow grey itu digunakan oleh pemilik pertamanya di Inggris.

Warna merah mendominasi interior mobil milik Sean Connery. (Dok. Jamesbondlifestyle)

Kemudian, Sean Connery membelinya pada 2018 dan membawa mobil itu ke Swiss sekaligus melakukan ubahan warna dari hitam jadi snow shadow grey agar bisa mirip dengan mobil yang digunakan dalam syuting film.

Sebelumnya, badan lelang Sotheby’s pada tahun 2019 menyebut Aston Martin DB5 yang digunakan dalam film Bond 1965 “Thunderball” - dilengkapi dengan senapan mesin kaliber, 30 Browning di spatbornya terjual dengan harga lebih tinggi seharga 6,4 juta dolar AS.