VW Umumkan Powertrain Terbaru dengan Performa Tinggi dan Lebih Efisien

JAKARTA - Pabrikan kendaraan asal Jerman, Volkswagen mengumumkan powertrain generasi terbaru yang akan segera disematkan pada model ID terbaru mulai akhir tahun.

Penggerak roda belakang dengan kode APP550 diklaim menjanjikan peningkatan performa sekaligus lebih efisien di saat bersamaan tanpa perlu menambah ukuran sehingga powertrain tersebut dapat dimasukkan sebagai bagian pusat internal pada model ID yang ada.

Dilansir dari ArenaEV, Rabu, 12 April, motor penggerak ini mampu menghasilkan tenaga 285 dk atau 210 kW, yang merupakan varian yang dipilih oleh VW untuk model ID di masa mendatang.

Meskipun akan memakai powertrain terbaru, VW mengungkapkan masih akan memakai platform dari MEB yang telah dikembangkan oleh perusahaan. Terlebih lagi, powertrain terbaru ini juga membutuhkan sedikit bahan mentah untuk diproduksi, sehingga lebih efisien.

Motor listrik ini menghasilkan 285 dk dan torsi maksimal 550 Nm, tergantung pada rasio roda gigi pada kendaraan. VW mengklaim bahwa dengan dibekali gearbox dapat meningkatkan akselerasi baik dari posisi diam maupun pada kecepatan tinggi.

Powertrain tersebut akan dipasangkan sebuah inverter yang berfungsi sebagai pemasok arus fase tinggi untuk mengeluarkan tenaga yang lebih baik serta peningkatan efisiensi. Ini dapat mengganti arus ketergantungan pada frekuensi lain dan metode modulasi.

Untuk meningkatkan efisiensi, teknisi VW telah merancang sistem manajemen termal terbaru yang tidak membutuhkan listrik untuk bekerja. Ini dapat beroperasi pada pompa oli sederhana yang dapat menurunkan suhu dengan sendirinya menggunakan roda gigi dari girkboks. Lalu, oli yang dipanaskan kemudian didinginkan oleh sistem sirkuit pendingin mobil. Bagian luar stator juga memiliki pendingin air, yang mampu menjaga suhu.

Sistem powertrain terbaru ini akan diproduksi pada pabrik Kassel di Jerman. Pabrikan belum dapat memastikan model ID mana yang akan menggunakan powertrain bisa saja ID.7.