Benelli Luncurkan Tornado 402 Terbaru untuk Pasar China

JAKARTA - Produsen motor legendaris asal Italia, Benelli, meluncurkan motor full fairing terbarunya dengan nama Tornado 402. Motor tersebut nantinya akan dijual di berbagai negara.

Tornado 402 sendiri merupakan motor yang diproduksi dan dikembangkan di pabrik Qianjiang, China. Untuk diketahui, Benelli telah diakuisisi oleh Qianjiang Motorcycle sejak 2005. Walaupun, motor Benelli lainnya masih diproduksi dan dikembangkan di Pesaro, Italia.

Dikutip dari Rideapart, Minggu, 2 April 2023, Tornado 402 dibekali twin-engine 400 cc yang berasal dari Qianjiang Motorcycle yang belum pernah digunakan sebelumnya. Mesin tersebut dapat menghasilkan daya 48 dk pada 10.000 rpm.

Mesin tersebut lebih bertenaga bila dibandingkan dengan mesin lainnya yang dimiliki oleh Qianjiang Motorcycle, yang dapat menghembuskan tenaga 41,5 dk pada 9.000 rpm.

Sasis Tornado 402 menawarkan beberapa hal yang menarik, seperti swingarm satu sisi aluminium dengan balok yang lebih rendah, yang secara sempurna menonjolkan desain roda belakang aluminium. 

Pada bagian depan, garpu teleskopik terbalik yang dipasang pada rangka baja tubular, serta peredam kejut dari Marzocchi. Untuk pengereman, telah disediakan oleh Nissin dan terdiri dari dua cakram 300 mm di depan dan cakram 250 mm di belakang, bersama dengan ABS standar.

Fitur menarik yang ditawarkan Benelli pada motor ini adalah kamera dasbor bawaan. Kamera dasbor ini terpasang pada kaca depan. Rekaman bisa diakses melalui gawai menggunakan aplikasi dan disimpan secara otomatis. Kamera tersebut tidak hanya merekam perjalanan, tetapi juga untuk keselamatan dan keamanan saat berkendara di jalan raya.

Benelli Tornado 402 dipastikan akan dirilis di China yang diharapkan akan dikirim mulai musim semi 2023. Benelli mematok harga 31.800 yuan atau kisaran Rp69,2 jutaan. Belum bisa dipastikan apakah moge ini tersedia untuk pasar AS dan Eropa.