Perusahaan Roda Dua Asal AS ini Produksi Motor Off-Road Listrik Teranyar

JAKARTA - Volcon ePowersports merupakan salah satu pabrikan kendaraan roda dua terbaru asal Amerika Serikat yang memproduksi motor off-road. Baru-baru ini, mereka merilis model terbarunya, Grunt Evo dan Runt LT.

Dilansir dari Rideapart, Sabtu, 1 April 2023, Volcon merilis Grunt Evo yang merupakan evolusi dari sepeda motor off-road sebelumnya, yakni Grunt yang memiliki performa tinggi.

Sebenarnya, Grunt Evo memiliki spesifikasi yang kurang lebih sama dengan model sebelumnya, yakni motor listrik bertenaga 11 dk atau 8,5 kW, dan baterai 2,3 kWh. Namun, perbedaan terletak pada sistem Penggerak Sabuk Karbon Gates dari Vanbelt yang sebelumnya disematkan pada Moto X9 serta menggunakan kerangka Exo-Arch.

Lalu, Grunt Evo jug dibekali suspensi belakang yang ditingkatkan dengan menggunakan shock coilover yang berasal dari Walker Evans Racing.

Berbeda dari Grunt Evo, Runt LT merupakan motor off-road listrik yang memiliki performa lebih rendah. Volcon sebelumnya telah merilis teaser motor tersebut sebelum akhirnya mereka meluncurkannya.

Runt LT dibekali dengan motor listrik yang lebih kecil dengan bertenaga 2,6 dk atau 2 kW, berbarengan dengan baterai 1 kWh. Motor ini dapat mengisi daya dari stopkontak rumah manapun.

Motor off-road listrik tersebut juga dipasangi monoshock dengan penyesuaian preload pegas, serta memiliki kecepatan hingga 56 km/jam. Meskipun memiliki ukuran dan performa rendah, Runt LT memiliki jarak tempuh yang impresif, yakni 40 km dengan sekali pengisian daya.