Bagikan:

JAKARTA - Ada pemain baru dalam dunia motor dirtbike listrik, dan mirip dengan model-model lain yang sudah ada di mana konsepnya gabungan sepeda gunung dan motocross. Namanya Rawrr Mantis, menawarkan sejumlah teknologi dan performa yang mengesankan, bahkan harga yang murah daripada motor sejenis yang bertenaga bensin.

Kehadiran motor dirtbike listrik sendiri bisa dibilang menjadi penyelamat bagi penyuka motor off-road namun suka berpetualang didekat area perumahan karena suaranya tidak bising.

Hebatnya, Rawrr Manti telah melakukan serangkaian pengujian off-road yang cukup banyak. Rawrr mempercayakan tugas menguji Mantis kepada Caleb Tennant, juara Motocross Afrika Selatan sebanyak enam kali. Dilihat dari rekaman saat Tennant mengujinya, jelas bahwa motor ini mampu memberikan performa yang andal jika dikendalikan oleh tangan yang tepat. Rawrr memastikan bahwa Mantis telah diuji lebih dari 20.000 kilometer dan uji lompatan lebih dari 50.000 kali.

Dalam hal performa, dikutip dari Rideapart, 19 September, Rawrr Mantis mengusung motor listrik yang terpasang di tengah dan menggerakkan roda belakang melalui rantai. Motor ini bertenaga 7,5 kWh, setara 10 dk, dan torsi impresif sebesar 50 Nm.

5

Motor ini memiliki bobot yang relatif ringan, hanya 75 kg, demi mengejar kegesitan di medan off-road. Baterainya seberat 15 kg terdiri dari unit 2,6 kWh yang dapat dilepas dan diganti. Rawrr mengeklaim jarak tempuh hingga 120 km dengan sekali pengisian.

Rawrr Mantis memiliki rangka aluminium. Tinggi tempat duduk adalah 850 mm, yang cukup tinggi untuk motor listrik di kelasnya. Namun, memiliki geometri yang siap untuk medan off-road, dengan suspensi 200 mm dan ground clearance 310 mm.

5

Adapun fitur teknologi pada Mantis mencakup empat mode berkendara, konektivitas smartphone, dan kemampuan untuk mengatur pengaturan melalui aplikasi seluler. Dengan teknologi dan daya jelajah yang diberikannya, Mantis siap menjadi pilihan menarik bagi para pecinta petualangan di luar jalan raya.

Sementara, menurut situs web resmi merek ini, harganya 4.999 dolar AS atau sekitar Rp76 juta.