BMW Motorrad dan TVS, Garap Motor Listrik Adopsi G310GS

JAKARTA - BMW Motorrad sepertinya akan memproduksi motor listrik kembali setelah model CE-04 yang muncul tahun 2021. Pendapat ini bersumber bocoran gambar motor listrik terbarunya di dunia maya.

Dilansir dari bikewale, Minggu, 26 Maret, pabrikan asal Jerman tersebut tengah mengembangkan versi elektrik dari motor sport naked, G310R. Beberapa gambar tersebut menunjukkan powertrain listrik yang diletakkan dalam rangka motor tersebut.

Gambar yang beredar juga tidak ada yang berubah dari versi standarnya. Justru, letak beda pada bagian roda depan G310R lebih besar dan kemungkinan adopsi dari model G310GS.

Sebagian besar komponen yang ada pada G310R seperti motor listrik, baterai, dan unit kontrol, semuanya berasal dari motor listrik sebelumnya, CE-04. Bisa saja bertujuan agar BMW tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk pengembangan motor listrik, dan berbagi platform e-skuter dengan G310R.

BMW CE-04 dibekali motor listrik yang dapat menghasilkan daya 42 dk serta torsi 62 Nm. Baterai yang disematkan pada CE-04 ialah 60,6 Ah yang dapat menempuh jarak 130 km dalam keadaan baterai penuh. Sementara pengisian daya sendiri membutuhkan waktu 4 jam 20 menit.

Motor skutik listrik teranyar BMW ini juga mampu berakselerasi dari 0-50 km/jam dalam waktu 2,6 detik yang dapat menghasilkan kecepatan maksimal 120 km/jam.

Ke depan, BMW juga disebut akan kembali bekerja sama dengan pabrikan roda dua asal India, TVS dalam pengembangan motor listrik tersebut.