Studi Baru Mengungkap Smartphone Kita Sarang Bakteri dari Tinja Manusia dan Kotoran Kecoak!

JAKARTA - Sebuah studi terbaru menemukan bahwa smartphone dan perangkat pribadi Anda mungkin menjadi beberapa objek yang paling kotor yang Anda bawa, karena mengandung bakteri yang biasanya ditemukan di dalam tinja manusia dan kecoak.

Dalam survei yang melibatkan lebih dari 500 pengguna dan smartphone mereka, 100 persen sampel yang diuji mengembalikan hasil positif untuk E.coli dan Faecal Streptococci. Survei ini merupakan bagian dari sebuah studi yang mencari tahu mikroba berbahaya yang menyerang perangkat kita.

Selain E.coli dan faecal Streptococci yang merupakan kuman penyebab keracunan makanan, Bacillus cereus, dan S. aureus penyebab pneumonia, juga ditemukan pada lebih dari 90 persen sampel yang diuji. Meskipun tidak ada yang mengandung Salmonella, setengah dari sampel mengandung P. aeruginosa, yang sering ditemukan pada tinja kecoak.

"Kami ingin tahu seberapa umum bakteri berbahaya pada layar ponsel kita, dan jenis bakteri apa yang paling umum," kata Sarah McConomy, COO SellCell, organisasi yang melakukan penelitian seperti dikutip Tech2.

Penemuan yang paling mengkhawatirkan adalah prevalensi P.Aeruginosa, bakteri yang berasal dari kecoak dan kotorannya.

"Sangat menakutkan membayangkan kecoak merayap di atas ponsel kita dan bahkan menggunakannya sebagai toilet saat kita tidak melihat," ujar McConomy.

Layar ponsel yang diperiksa dalam penelitian ini dimiliki oleh pria dan wanita berusia 22 hingga 62 tahun.

Pada layar yang diperiksa, koloni faecal Streptococci dan Enterococci, yang terbentuk di lambung dan usus manusia dan hewan, teridentifikasi. Koloni S. aureus juga ditemukan pada sampel, yang berpotensi menyebabkan penyakit pernapasan, infeksi kulit, dan bahkan keracunan makanan.

Para ahli juga mengatakan bahwa Anda bisa terpapar bakteri dalam waktu lima menit saja, saat membawa smartphone Anda ke kamar mandi atau toilet.

Bakteri dari kandungan dalam toilet akan terhirup dan menyebar ke udara ketika toilet dibilas, sehingga meningkatkan kemungkinan bahwa bakteri tersebut akan mendarat di ponsel Anda, terutama jika Anda membiarkannya terbuka di tempat yang terbuka di kamar mandi.

"Kemudian kita membawanya bersama-sama, menempel di layar ponsel kita, keluar dari kamar mandi, dan masuk ke dalam rumah kita yang lain, di mana bakteri tersebut bahkan bisa menyebar dan menyebabkan penularan penyakit," ungkap SellCell. Oleh karena itu sangat tidak disarankan untuk membawa smartphone kita secara terbuka di toilet.