Bagikan:

JAKARTA - Kasur yang kotor tidak hanya mengganggu kesehatan tubuh, tapi juga bisa berbahaya untuk kulit. Soalnya, debu dan bekas keringat dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan kulit kering.

Jadi, kamu perlu menjaga supaya tempat tidur selalu bersih dan rapi. Bagaimana caranya? Simak berikut ini.

1. Pastikan tidak makan dan minum di atas kasur

Masih suka makan dan minum di atas kasur? Bila ya, kamu perlu menghentikan kebiasaan ini. Soalnya, sisa remah-remah makanan bisa saja jatuh dan mengotori ranjang. Begitu pula kalau kamu sering minum di atas ranjang, tentu bisa saja air tersebut tumpah dan meninggalkan noda, terutama untuk minuman berwarna.

2. Bersihkan kasur setelah bangun tidur

Biasakan untuk merapikan seprai dan bed cover setelah bangun tidur. Hal ini bertujuan supaya sisa-sisa debu tidak menumpuk. Soalnya, kalau dibiarkan begitu saja, kotoran tersebut akan menjadi sarang kuman dan bakteri.

3. Ganti seprai setiap 2 minggu sekali

Seprai memang digunakan untuk menjadi pelindung kasur. Namun, kamu perlu mengganti seprai setiap 2 minggu sekali. Soalnya, tubuh akan mengeluarkan keringat, air liur, serta sisa kulit mati ketika tidur malam. Bila dibiarkan begitu saja, lama kelamaan akan menjadi sarang bakteri.

4. Pastikan tidak tiduran dalam keadaan basah

Sebelum naik ke atas ranjang kamu perlu memastikan tubuh dan rambut sudah benar-benar kering. Jadi, kasur tidak mudah lembap dan tetap higienis. Bila ranjang lembap, lama kelaamaan akan menjadi sarang bakteri dan tungau.

5. Angin-anginkan kasur saat tidak digunakan

Saat tidak digunakan, kamu bisa menjemur kasur. Tidak harus membawanya keluar dari kamar, cukup buka jendela dan biarkan cahaya matahari masuk ke dalam kamar. Cara ini dapat membantu membunuh kuman dan bakteri di atas ranjang.

Yuk, pastikan kasur di rumah selalu bersih dan bebas dari kotoran! Kamu bisa membeli perlengkapan bersih-bersih hanya di ruparupa. Situs belanja online ini juga menjual perabot dan peralatan tangga lainnya dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, INFORMA Electronics, INFORMA Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, ATARU, Krisbow, Pet Kingdom, SELMA, THYS, Chatime, Ashley, EYE SOUL, dan masih banyak lagi.